Cecep Riza dan Fakta Penyakit Jantung Yang dideritanya

Cecep Riza dan Fakta Penyakit Jantung Yang dideritanya

Pemain sinetron Cecep Reza diketahui meninggal dunia karena penyakit jantung yang dideritanya.

Fakta Penyakit Jantung Yang Merenggut Nyawa Cecep Riza

Konten.co.id – Selasa 19 November kemarin, Cecep Riza menghembuskan nafas terakhirnya pada usia yang tergolong sangat muda yaitu 31 tahun, diduga karena penyakit jantung yang dideritanya.

Penyakit jantung sering disebut dengan istilah the silent killer alias diam-diam mematikan. Karena faktanya, dari banyak kasus yang ada, banyak penderita yang tidak menyadari bahwa mereka mengalami penyakit jantung.

Berikut fakta-fakta terkait penyakit jantung yang perlu anda ketahui.

Menyerang Segala Usia

Tak jarang penyakit jantung juga bisa menimpa orang yang usia muda, meski paling sering terjadi pada kelompok usia lanjut (65–75 tahun). Fakta menyebut bahwa beberapa jantung koroner sempat ditemukan terjadi pada usia yang lebih muda, yaitu usia 35–44 tahun. Selain itu, orang-orang dengan riwayat gangguan jantung bawaan lahir juga sangat berisiko mengalami penyakit jantung.

Fakta Penyakit Jantung di Dunia

Terdapat 80% lebih kematian di dunia akibat penyakit jantung terjadi di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. Berikut adalah lima negara teratas dengan tingkat kematian tertinggi akibat penyakit jantung yaitu:

Rusia
Bulgaria
Rumania
Hongaria
Argentina

Sementara berikut adalah urutan lima negara paling rendah terkena penyakit silent killer ini :

Prancis
Australia
Swiss
Jepang
Israel

Jenis Penyakit Jantung Paling Sering

Dari Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 merilis bahwa lazimnya kasus tertinggi untuk penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung di Indonesia adalah penyakit jantung koroner (PJK)
Pada PJK, menyebabkan jaringan jantung tidak mendapatkan suplai oksigen dan gizi yang memadai. Yang mengakibatkan jantung tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh.

Gejala Umum

Pada sebagian besar kasus penyakit jatung biasanya terjadinya gejala nyeri dada, detak jantung tidak teratur, sesak napas, pusing, badan lemas, lelah, mual, keringat dingin, hingga hilang kesadaran.

Perbedaan Antara Pria dan Wanita

Gejala penyakit jantung yang muncul berbeda yang dirasakan antara pria dan wanita. Pada pria, biasanya gejala yang paling sering ditemukan adalah nyeri dada. Sedangkan pada wanita, gejala cenderung terjadi adalah nyeri dada, disertai dengan sesak napas, mual dan kelelahan yang luar biasa.

Penulis : Sidqi Al Ghifari

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *