Cara Mudah Hilangkan Bau Jengkol Saat Dimasak

Cara Mudah Hilangkan Bau Jengkol Saat Dimasak

Jengkol atau Pithecollobium Jiringa atau Pithecollobium Labatum, merupakan jenis tanaman khas wilayah tropis Asia Tenggara. Pohon ini bisa anda temukan di Indonesia, Malaysia, Myanmar dan Thailand.

Menghilangkan Bau Pekat Jengkol Sebelum Dimasak

Konten.co.id – Jengkol bagi sebagian orang adalah makanan favorit, teksturnya yang khas menjadikan jengkol banyak disukai.

Namun jika tidak diolah dengan benar, aroma pekat pada jengkol yang sangat menyengat kadang menjadikan orang enggan mengkonsumsinya.

Tapi jangan khawatir, ada tips cara mengolah jengkol agar saat dimasak aroma pekat tersebut bisa sedikit berkurang.

Bagaimana caranya? Mari kita bahas :

1. Gunakan Daun Jeruk Purut

Bahan yang dapat digunakan untuk merendam jengkol adalah daun jeruk purut.

Anda cukup mengiris daun jeruk purut dan memasukkannya pada rebusan jengkol. Irisan daun tadi akan membantu menghilangkan bau jengkol sebelum dimasak.

2. Rendam Dengan Air Es

Langkah mudah kedua untuk menghilangkan bau jengkol adalah dengan merendamnya dalam air es. Cukup rendam semalaman agar racun dan baunya dapat ternetralisir.

Simple banget nih..

3. Direndam dengan Air Larutan Kapur Sirih

Punya kapur sirih? larutkan dengan air secukupnya, lalu rendam jengkol dalam larutan tersebut selama semalaman. Ketika akan diolah, cuci bersih dulu jengkol baru dimasak.

4. Direbus dengan Daun Salam

Siapkan air, lalu didihkan. Lalu, masukkan beberapa lembar daun salam dan jengkol bersamaan. Cara ini diyakini bisa cukup ampuh untung mengatasi bau jengkol yang menyengat.

5. Direbus dengan Air dan Abu Cuci Piring Dapur

Abu cuci piring juga bisa dimanfaatkan. Caranya rebus air dengan abu dapur secukupnya dan masukkan jengkol. Setelah dididihkan, pindahkan jengkol ke dalam air dingin bersih, lalu rendam sehari semalam. 

Mandi abu nih jengkolnya..

6. Direbus dengan Air dan Daun Jeruk Purut

Daun jeruk purut diyakini bisa menetralisir bau jengkol. Caranya mudah, siapkan daun jeruk purut yang sudah diiris, lalu masukkan dalam rebusan jengkol. 

7. Direbus dengan Air Daun Jambu Kelutuk

Rebus jengkol dengan air dan tambahan beberapa lembar daun jambu kelutuk. Rebus hingga mendidih, lalu bilas dengan air bersih untuk kemudian diolah. 

Ada banyak tips yang bisa dicoba oleh anda d rumah, untuk menghilangkan bau khas jengkol sebelum dimasak. Anda bisa memilih cara mana yang menurut anda paling mudah.

Penulis : Sidqi Al Ghifari

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Pilihan :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Video

Berita pilihan