Cara Merawat Rem Mobil Agar Tidak Blong

Cara Merawat Rem Mobil Agar Tidak Blong

Rem mobil adalah jantung pada sebuah kendaraan yang apabila tidak dirawat, bahaya bisa mengintai pengendaranya.

Menghindari Blong, Inilah Cara Merawat Rem Mobil

Konten.co.id – Rem pada sebuah mobil begitu vital karena berfungsi untuk mengontrol laju kendaraan. Sebabnya perlu dilakukan merawat rem mobil agar menjaga kondisinya bekerja prima sekaligus mengantisipasi terjadinya rem blong.

Masalah pada sistem pengereman mobil bisa muncul jika pemilik kendaraan tidak merawatnya secara berkala. Dampak fatal yang mungkin bisa saja dialami ialah rem blong atau tidak bisa berfungsi sama sekali, hal tersebut sangat berbahaya dan mengundang bahaya bagi keselamatan dalam berkendara.

Berikut adalah tips perawatan rem mobil anda agar tetap terjaga kondisinya.

1. Cek Kampas Rem

Periksa kondisinya apakah masih bisa digunakan atau sudah saatnya untuk melakukan penggantian, jangan tunda jika memang harus diganti, maka gantilah. Jika terlihat masih tebal tetapi sudah tidak layak untuk digunakan, kampas rem akan kesulitan menggigit piringan cakram atau tromol. Apalagi ketika kondisi rem sedang, ini berbahaya, segeralah ganti.

2. Cek Kondisi Minyak Rem

Cek kondisi minyak rem, Anda harus tahu level minyak rem di dalam tabung penyimpanan minimal satu bulan sekali atau ketika Anda sedang mencuci mobil. Jika minyak rem berkurang, segera tambahkan minyak rem sesuai dengan rekomendasi.

Anda bisa cek tabung minyak rem, apakah ada potensi kebocoran dan kerusakan. sebaiknya merawat rem mobil salah satunya minyak rem harus  dikuras dan diganti seluruhnya setiap 40.000 km, untuk menjaga kualitas kandungan kimia yang ada di dalamnya tetap dalam kondisi baik

3. Periksa Piston Sistem Rem

Fungsi piston pada rem mobil berfungsi untuk menggerakan kaliper penjepit kampas rem ke piringan rem. Jika terjadi kemacetan pada piston, maka kaliper akan macet. Hal ini tentu berbahaya karena rem dapat mengunci seketika. Terjadinya kemacetan piston juga bis diakibatkan pada karat sekitar piston rem .

4. Atur Ketinggian Rem Tangan

Mengatur ketinggian dengan tepat karena rem tangan sendiri bisa berfungsi sebagai rem darurat ketika rem utama tidak berfungsi. Jika posisi rem tangan sangat rendah bisa mengakibatkan kemacetan di sistem rem mobil, hati-hati.

5. Service Berkala

Jika anda tidak ingin repot, service mobil anda secara berkala, berdiskusilah dengan teknisi agar anda tahu kondisi mobil anda.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, cek dari sekarang kondisi kendaraan anda agar tak menyesal dikemudian hari.

Penulis : Sidqi Al Ghifari

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Pilihan :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *