Cara Mendapatkan Kualitas Tidur Yang Baik

Cara Mendapatkan Kualitas Tidur Yang Baik

Menurut Nick Littlehales, Kurangnya kualitas tidur seseorang disebabkan faktor stress mental dan kecemasan di dunia modern.

Cara Mendapatkan Tidur Nyenyak Ternyata Tidak Sulit

Konten.co.id – Banyak orang mendambakan tidur malam yang berkualitas dan segar ketika terbangun keesokan harinya. Apalagi masyarakat di kota-kota besar yang ritme aktifitasnya sangat tinggi juga membutuhkan bangun tidur yang segar dan tidak lelah saat terbangun.

Oleh karena itu banyak orang yang mempunyai intensitas aktifitas yang sibuk di siang hari mendambakan tidur secara deep sleep.

Saat kita tidur, kita akan melalui beberapa level tidur. Pertama, adalah light sleep (tidur ringan), yang kedua adalah deep sleep (tidur dalam), ketiga adalah Rapid Eye Movement (REM) sleep.


 Light sleep: Posisi di mana Anda baru saja tertidur.
 Deep sleep: Posisi di mana Anda sedang tertidur lelap, ini fase di mana Anda tidak mungkin bermimpi.
 REM sleep: Posisi di mana Anda tidak tertidur lelap, ini bisa terlihat dari gerakan mata cepat dan tidak teratur pada mata Anda. Di fase inilah biasanya mimpi terjadi.

Kualitas yang sangat baik adalah saat anda mencapai deep sleep. Ketika anda mendapatkan deep sleep, saat anda bangun tidur akan terasa segar dan tidak lelah.

Seorang peneliti tidur, Littlehales menyampaikan bahwa meskipun kedengarannya mudah, tahapan ini sering kali dilewatkan oleh orang-orang. Banyak orang tidur tujuh hingga delapan jam namun tidak sampai tahapan deep sleep. Sehingga, mereka bangun dengan keadaan tetap lelah.

Namun level tidur light sleep dan REM Sleep juga sangat diperlukan untuk tubuh. Setidaknya Anda harus melalui satu siklus tidur (sleep cycle). Jadi, setidaknya Anda melewati satu kali fase deep sleep karena hal tersebut penting untuk kesehatan fisik dan mental. Lalu, Anda juga membutuhkan setidaknya satu kali tahapan REM sleep, karena hal tersebut berguna untuk pemulihan memori.

Littlehales memberikan cara mendapatkan kualitas tidur yang baik :

 Ambil jangka waktu persiapan tidur selama 90 menit
 Matikan lampu
 Jauhkan gadget dari zona tidur Anda
 Membaca, meditasi, atau mandi air hangat sebelum tidur
 Buang air, bersihkan semua hal yang mengganjal di perut Anda

Penulis : Sidqi Al Ghifari

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *