Buruknya Lapangan Pekerjaan Picu Aksi Massa di Irak

Buruknya Lapangan Pekerjaan Picu Aksi Massa di Irak

Aksi pengunjuk rasa kini tengah menduduki zona-zona vital di Irak, korban pun berjatuhan dalam bentrokan tersebut.

Bentrokan di Irak Dipicu Oleh Memburuknya Lapangan Pekerjaaan

Konten.co.id – Irak kembali bergejolak, aksi masa tak henti-hentinya terjadi di Baghdad sejak Oktober lalu, demo tersebut terjadi karena minimnya lapangan pekerjaan dan melebar pada masalah korupsi yang merajarela.

Pasukan keamanan telah menggunakan peluru karet, gas air mata dan granat kejut terhadap demonstran yang kebanyakan tak bersenjata yang banyak mencederai ribuan demontran.

Pada Minggu (24/11) sumber mengatakan dua pengunjuk rasa tewas terkena peluru karet dan 20 orang lainnya terluka dalam bentrok itu.

Rumah sakit Irak mengungkapkan sudah ada 16 warga tewas dalam unjuk rasa yang dimulai 1 Oktober itu. Kekerasan sempat berhenti pada Jumat (22/11) namun kembali terjadi pada malam harinya.

Banyak kelompok hak asasi manusia mengecam pasukan keamanan soal penembakkan granat gas kepada para pengunjuk rasa dengan cara yang bisa mematikan. Demonstran pun marah dengan kekerasan itu hingga menyebabkan aksi itu terus berlanjut meski ada permintaan dari otoritas Syiah terkenal di negara itu, atau marjaiyah, untuk demonstrasi secara damai.

“Marjaiyah melarang penembakan (terhadap demonstran), tetapi itu masih terjadi dan orang-orang masih sekarat,” kata Ahmad Mohammad, seorang demonstran berusia 58 tahun di Tahrir seperti dikutip dari AFP.

Pengunjuk rasa menduduki sebagian tiga jembatan yakni Ahrar, Jumhuriya dan Sinak. Jembatan-jembatan itu mengarah ke Zona Hijau, wilayah yang berisi gedung-gedung pemerintah.

Sementara itu Parlemen Irak gagal menggelar rapat karena sedikitnya anggota parlemen yang hadir. Para anggota parlemen harusnya membacakan undang-undang reformasi baru untuk menenangkan pengunjuk rasa. (*)

Penulis : Sidqi Al Ghifari

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan