#BriziekTebarHoax Jadi Tending di Twitter, Kenapa?

#BriziekTebarHoax Jadi Tending di Twitter, Kenapa?

Pencekalan Habib Rizieq Shihab (HRS) yang dianggap bohong membuat netizen menjadikan tagar # BriziekTebarHoax trending.

Ungkap Alasan Tagar #BriziekTebarHoax Jadi Trending di Twitter

Konten.co.id – Jagat twitter baru saja diramaikan dengan tagar #BriziekTebarHoax. 6000 lebih cuitan menggunakan tersebut.

“Ini salah satu #BriziekTebarHoax” Cuit @kangdede78.

“Sy doakan Kanjeng Mas betah di sana Terjawab! Lembaran yang Diperlihatkan Rizieq Shihab Bukan Surat Cekal, tapi penolakan agar Rizieq tidak keluar dari Arab Saudi dengan alasan keamanan” Cuit akun @jr_kw19.

Lalu kenapa tagar #BriziekTebarHoax bisa jadi trending di twitter?

Tagar ini menyoal perihal Habib Rizieq Shihab (HRS) yang tak kunjung pulang ke Indonesia dengan alasan ada pencekalan dari pemerintah Indonesia.

Banyak yang menduga bahwa HRS berbohong soal pencekalan yang dilakukan Pemerintah Republik Indonesia.

Bukti pencekalan HRS itu juga dibantah oleh Menko Polhukam, Mahfud MD. Beberapa waktu lalu Menko Polhukam menyebutkan bahwa tidak ada bukti pencekalan terhadap HRS.

“Sampai hari ini tidak ada bukti atau indikasi bahwa pemerintah Indonesia mencekal Habib Rizieq. Karena menurut hukum Indonesia, orang dicekal itu maksimal enam bulan, dia ngakunya 1,5 tahun dicekal, berarti tidak masalah dengan Indonesia.” Ucap Menko Polhukam Mahfud MD.

Mahfud juga mempertanyakan pencekalan tersebut, menurutnya harus di klarifikasi ke pemerintah Arab Saudi. “Itu harus ditanyakan ke Arab Saudi, kenapa dicekal, kita tidak tahu. Kalau ada bukti bahwa Indonesia yang mencekal, bilang ke saya, nanti saya selesaikan, itu saja” Sambung Mahfud.

Dalam keterangan lain Mahfud juga menjelaskan bahwa surat yang diperlihatkan HRS dalam videonya itu bukan surat pencekalan, tapi surat penolakan agar HRS tidak keluar dari Saudi dengan alasan keamanan.

Mahfud juga mengklarifikasi bahwa surat penolakan itu tidak keluar dari Pemerintah RI, ia tidak dapat memastikan siapa yang mengeluarkan surat tersebut.

Selain itu, ini tidak sesuai dengan hukum pencekalan di Indonesia yang hanya 6 bulan. Sementara Rizieq sudah berada di Arab Saudi selama 1,5 tahun.

“Jadi Rijik ini mengaku kl dicekal pemerintah Ind selama 1,5 thn, pdhal pencekalan yg berlaku di Indonesia itu hny 6 bln. Berarti masalahnya bkn dgn pemerintah Ind tp dgn pem Arab, mestinya nanya ke otoritas Arab sana bkn mlh sebar hoax Pem Indonesia yg cekal dia #BriziekTebarHoax,” cuit @MalvaSelena.

(*)

Penulis : ALG

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *