Belum Ada Laporan Kerusakan dan Korban Jiwa Pasca gempa Malut

Belum Ada Laporan Kerusakan dan Korban Jiwa Pasca gempa Malut

BPBD kabupaten dan kota diminta untuk memberikan laporan kerusakan dan korban jiwa pascagempa semalam.

Pasca gempa, BPBD Maluku Utara Belum Terima Laporan Kerusakan dan Korban Jiwa

Konten.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Utara (Malut) menyatakan belum ada laporan kerusakan rumah dan infrastruktur maupun korban jiwa pascagempa bumi magnitudo 7,1 yang mengguncang perairan dekat Jailolo Maluku Utara, Kamis (15/11/2019).

“Sejauh ini, belum ada laporan kerusakan infrastruktur maupun korban jiwa pascagempa berkekutan 7,1 magnitudo di Malut, tetapi kami terus meng-‘update’ informasi terkini,” kata Sekretaris BPBD Malut, Ali Yau dilansir Antara.co., Jumat (16/11/2019).

Untuk itu, pihaknya meminta BPBD kabupaten dan kota untuk tetap memantau perkembangan terkini pascagempa.

Sementara Pemprov Malut telah menginstruksikan kepada banyak pihak untuk turun ke lapangan untuk memantau perkembangan pascagempa yang berpotensi tsunami tersebut.

Berdasarkan laporan sejumlah warga di pesisir pantai saat gempa yang mengguncang Malut memilih menyelamatkan diri ke daerah ketinggian.

Diketahui gempa bumi magnitudo 7,1 guncang perairan dekat Jailolo Maluku Utara , Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini Tsunami di wilayah Sulawesi Utara.

Informasi laman dari BMKG, gempa bumi magnitudo 7,1 tersebut terjadi sekitar pukul 23.17 WIB, Kamis (15/11/2019).

Lokasi gempa 1.67 Lintang Utara, 126.39 Bujur Timur (137 km Barat Laut Jailolo-M) dengan kedalaman sekitar 73 kilometer.

Wali Kota Bitung, Max Lombang mengimbau agar masyarakat tetap tenang setelah dikeluarkannya peringatan dini tsunami oleh BMKG,

“Saya harap masyarakat Kota Bitung tetap tenang namun waspada,” kata Lomban di Bitung, Jumat.

Max menyebutkan bahwa BMKG telah mengeluarkan peringatan dini, namun alarm early warning system Kota Bitung sebagai tanda evakuasi tidak berbunyi.

“Jadi, masyarakat tetap tenang, jangan panik,” katanya. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *