Anak Sebut Berjasa, Bung Karno : Muhammad SAW Pemimpin Terbesar

Anak Sebut Berjasa, Bung Karno : Muhammad SAW Pemimpin Terbesar

Putri Soekarno, Sukmawati Soekarno Putri mengatakan kalau ayahnya presiden Soekarno lebih berjasa daripada Rasulullah SAW, ayahnya justru meneladani Rasulullah SAW

Beda dengan Anak, Ini Kata Bung Karno Tentang Kepemimpinan Rasulullah SAW

Konten.co.id – Presiden Soekarno atau biasa disapa Bung Karno dianggap lebih berjasa daripada Nabi Muhammad SAW. Tapi tahukah anda kalau ternyata Bung Karno justru sangat meneladani Rasulullah SAW.

Seperti dilansir dari Rebublika.co.id, Bung Karno pernah memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW saat berkunjung ke Kairo, Mesir untuk bertemu dengan Presiden Gamal Abdul Naseer.

Di tengah rangkaian kegiatannya pertemuannya itu, Bung Karno menyadari hari itu adalah hari kelahiran baginda Rasulullah.

“Di Kairo itu saya tidak berhenti-berhenti ingat. Wah, ini bulan maulid, kita nanti di Jakarta harus mengadakan peringatan maulid yang sebaik-baiknya,” kata Bung Karno dalam pidato saat peringatan Maulid Nabi di Istana Negara pada 1963.

Mengetahui Mesir mempunyai perindustrian film yang memproduksi cerita film Salahuddin Al Ayubi -pemimpin besar Islam yang memerintahkan untuk menyelenggarakan maulid.

Sukarno pun lantas memerintahkan Kedutaan Besar di Kairo untuk memutarkan film itu agar dapat disaksikan dirinya dan rombongan yang dibawanya.

“Saya segera memerintahkan kepada kedutaan besar kita di Kairo untuk memertunjukan film Salahudin itu di hadapan rombongan yang saya bawa dari Jakarta. Dan salah satu ruangan dari pada Hotel Hilton pada satu malam dipertunjukan film Salahudin ini. Yang film itu kita melihat perjuangan yang hebat dari pada umat Islam di bawah pimpinan Shalahudin perjuangan umat Islam yang mengambil suri teladan dari perjuangan nabi kita Muhammad SAW,,” tutur Sukarno.

Sukarno pun menjelaskan di setiap masa selalu ada orang-orang besar. Kendati demikian, Nabi Muhammad adalah pemimpin terbesar.

“Kita sebagai umat Islam harus, harus menganggap Muhammad itu sebagai pemimpin besar yang terbesar. Bahkan harus kita mengatakan, tidak ada pemimpin yang lebih besar dari pada Muhammad SAW,” katanya.

Sebelumnya, putri mantan Presiden Soekarno Sukmawati Sukarnoputri membuat gaduh masyarakat.

Hal ini lantaran ia yang lancang membandingkan Bung Karno yang lebih berjasa di awal abad ke-20 untuk kemerdekaan Republik Indonesia dibanding Rasulullah Nabi Muhammad SAW.

“Yang berjuang di abad 20 itu nabi yang mulia Muhammad atau Insinyur Soekarno untuk kemerdekaan Indonesia?” tanyanya.

Pertanyaannya tersebut dilontarkan saat menjadi pembicara dalam sebuah diskusi bertema Bangkitkan Nasionalisme Bersama Kita Tangkap Radikalisme dan Berantas Terorisme.

Hal ini pun membuat banyak pihak geram. Salah satunya Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid (HNW).

Ia pun menyindir Sukmawati dengan mengunggah dua gambar tulisan dari media darling, yakni tentang pernyataan Sukmawati dan Bung Karno.

Dalam gambar pertama, artikel berjudul Sukmawati Sebut Soekarno Lebih Berjasa dari Nabi Muhammad SAW? Sedangkan, gambar kedua artikel berjudul Bung Karno: Muhammad Pemimpin Besar.

“Untungnya Bapak Bangsa & Proklamator Indonesia bukan Sukmawati, tapi adalah Bung Karno,” kata HNW lewat akun Twitternya.

Hal senada dicuitkan Mantan Sekretaris Kementerian BUMN, Muhammad Said Didu. Ia menegaskan peran Nabi Muhammad SAW sangat besar bagi negara Indonesia, khususnya dalam menginspirasi bangsa ini menuju ke kemerdekaan.

Said mengatakan bahwa bendera Syarikat Islam yang berjuang memerdekakan Indonesia itu bertuliskan Arab dengan dua kalimat syahadat dan organisasi massa (ormas) lain.

“Pejuang kemerdekaan, termasuk Soekarno juga selalu menyebut nama Nabi Muhammad. Banyak sekali pahlawan kita bernama Muhammad,” jelasnya.

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *