7 Makanan Khas Sulawesi Utara

7 Makanan Khas Sulawesi Utara

Berkunjung ke Sulawesi Utara rasanya belum lengkap jika tidak mencicipi makanan khasnya yang wajib dinikmati.

Kulines Khas Sulawesi Utara Dengan Sajian Unik

Konten.co.id – Cita rasa masakan khas Sulawesi Utara memang tidak kalah nikmatnya jika dibandingkan dengan makanan khas daerah lain. Wajar saja jika wisatawan yang melancong ke Sulut banyak berburu kuliner khasnya.
Sulut yang mempunyai semboyan “Si Tou Timou Tumou Tou” yang artinya “Manusia hidup untuk menghidupi/mendidik/menjadi berkat orang lain” itu ternyata menyimpan segudang kuliner khas yang membuat ngiler para wisatawan. Berikut adalah makanan khas Sulut yang wajib anda nikmati :

1. Kawok

Kawok atau tikus merupakan makanan yang cukup di gemari masyarakat Sulawesi Utara. Namun tidak semua tikus dapat diolah menjadi masakan. Tikus yang diolah menjadi masakah adalah tikus yang ditangkap dari hutan yang mempunyai ekor berwarna putih. Sebelum dimasak, tikus terlebih dahulu dibersihkan dengan cara dibakar dan dikeluarkan sebagian isi perutnya hingga bersih kemudian barulah diolah. Oleh wisatawan lokal maupun mancanegara, makanan khas Sulawesi Utara ini dikategorikan sebagai salah satu kuliner ekstrim. Bagaimana mau mencoba?

2. Nasi Jaha

Nasi jaha adalah salah satu makanan khas Sulawesi Utara yang berbahan dasar santan dan beras ketan, yang dibakar setelah sebelumnya diisi kedalam batang bambu berlapis daun pisang kemudian dibakar. Nasi jaha merupakan ole-ole wajib pada setiap perayaan kenduri.

3. Tinutuan

google

Dikenal juga dengan sebutan Bubur Manado merupakan makanan khas Sulawesi Utara yang paling terkenal. Di hampir semua tempat anda bisa menemukan kuliner yang satu ini. Bahkan di pusat-pusat keramaian terdapat lokasi yang dikhususkan untuk menjual tinutuan.

4. Mie cakalang

google

Selain tinutuan (bubur manado), makanan khas Sulawesi Utara yang tak kalah nikmat untuk disantap pagi hari adalah mie cakalang.

5. Sate Kolombi

Bahan sate Kolombi (Keong) berasal dari daging kolombi dan memiliki cita rasa yang pedas karena karena memang disesuaikan dengan selera kebanyakan masyarakat yang ada di Sulawesi Utara yang gemar dengan masakan pedas. Untuk menemukan sate kolombi anda bisa mendatangi kawasan boulevard Tondano tepatnya di Minahasa, yang terkenal akan pusat penjualan sate kolombi.

6. Paniki

google

Paniki atau kelalawar sebelum diolah menjadi masakan, biasanya kelelawar terlebih dahulu dibakar untuk menghilangkan bulu-bulu halusnya, kemudian dimasak dengan bumbu santan. Menyantap paniki merupakan sebuah kenikmatan yang berbeda apa terlebih saat menyantap sayapnya dengan tekstur yang crispy dan sedap.

7. RW

google

RW adalah daging anjing, makanan ini seolah-olah telah menjadi makanan wajib setiap kali pesta pernikahan dibuat di Sulawesi Utara terlebih di tanah Minahasa. Jenis makanan ini bahan dasarnya adalah anjing yang dimasak dengan cara khas Manado yakni dimasak bersama-sama dengan rica. Hal ini dilakuakan agar supaya ciri khasnya yang pedas akan terasa dan lebih nikmat dan enak untuk disantap.

Penulis : Sidqi Al Ghifari

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Pilihan :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Video

Berita pilihan