7 Makanan Khas Kalimantan Timur untuk Makan Siang

7 Makanan Khas Kalimantan Timur untuk Makan Siang

Kalimantan Timur Jadi Ibu Kota Baru, Ini 7 Makanan Khasnya untuk Santap Siang Konten.co.id – Kalimantan timur menjadi ibu kota negara baru. Wilayah ini pun punya berbagai makanan khas yang lezat dan baik anda santap saat makan siang. Berikut Konten.co.id sajikan 7 makanan khas Kalimantan Timur yang baik anda santap saat makan siang: 1. Nasi

Kalimantan Timur Jadi Ibu Kota Baru, Ini 7 Makanan Khasnya untuk Santap Siang

Konten.co.id – Kalimantan timur menjadi ibu kota negara baru. Wilayah ini pun punya berbagai makanan khas yang lezat dan baik anda santap saat makan siang.

Berikut Konten.co.id sajikan 7 makanan khas Kalimantan Timur yang baik anda santap saat makan siang:

1. Nasi kuning

Google

Banyak daerah di Indonesia yang mengandalkan nasi kuning. Tak terkecuali di Kalimantan Timur, nasi kuning sangat digemari penduduk setempat untuk memulai hari.

Ciri khas nasi kuning di Kalimantan Timur ada pada lauknya, yakni ikan gabus. Jalan Lambung di Samarinda terkenal sebagai Kampung Nasi Kuning, karena menjadi sentra penjual nasi kuning yang berjualan dari pagi sampai dini hari.

2. Ayam cincane

Google

Ayam kampung bakar yang sebelumnya telah dimarinasi dengan aneka rempah dan bumbu. Sangat mudah menemui hidangan ini di restoran Kalimantan Timur.

Pada acara hajatan ayam cincane juga selalu ada.

3. Pisang gapit

Google

Sebagai makanan pentuup dan pencuci mulut, pisang gapit sangat populer khususnya di daerah Kutai Kartanegara.

Pisang ini merupakan pisang yang dibakar dengan cara diapit jadi memiliki bentuk gepeng. Biasanya pisang yang digunakan adalah jenis pisang kepok atau tanduk.

Kemudian disajikan dengan siraman saus gula merah dan santan kental. Umumnya hidangan ini selalu ada di lokasi obyek wisata karena cocok untuk disantap saat santai.

4. Sayur asam kutai

Google

Sayur asam ini berbeda dengan sayur asam pada umumnya. Isian sayur asam kutai terdiri dari daging ikan gabus, kangkung, talas, dan jantung pisang batu.

Rasanya sendiri sangat segar dan memiliki rasa kaldu ikan yang kuat.

5. Nasi bekepor

Google

Inilah nasi liwet versi Kalimantan Timur. Nasi bekepor menjadi khas lantaran beras dan bumbu dimasak dalam satu wadah khusus yang disebut ketel yang terbuat dari tanah liat. Nasi bekepor biasanya disantap dengan lauk ikan asin, telur asin, dan sayur asam kutai.

6. Gangan manok

Sajian bakso khas Kalimantan Timur. Berbeda dengan bakso di banyak daerah yang biasa menggunakan daging sapi, gangan manok justru menggunakan daging ayam.

Sebagai penyeimbang rasa, biasanya ada sayur bayam atau oyong untuk menyantap gangan manok. Jadi makanan ini terbilang sehat dan cocok untuk anak-anak.

7. Bingka kentang

Makanan khas Kaltim bisa jadi pihan santap siang anda semua.

Kue satu ini terbilang sulit ditemui selain di daerah Kalimantan. Bahan utam kue ini adalah kentang yang dicampur terigu, gula, dan telur, dan santan.

Bingka kentang dimasak dengan cara dibakar sampai kecoklatan. Kue ini sering menjadi oleh-oleh dari Kalimantan Timur.

Nah gimana mau pilih makanan apa buat makan siang?. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Pilihan :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *