7 Kali Gempa Susulan, Siswa Sekolah di Manado Dipulangkan

7 Kali Gempa Susulan, Siswa Sekolah di Manado Dipulangkan

7 kali gempa susulan yang melanda Manado dan Maluku Utara membuat para siswa di sekolah wilayah tersebut dipulangkan.

Siswa Sekolah di Manado Dipulangkan, Antisipasi Gempa Susulan

Konten.co.id – Gempa susulan masih terus terjadi di sekitar Sulawesi Utara dan Maluku Utara usai gempa dengan magnitudo 7,1 di Maluku utara, Kamis (14/11/2019) malam.

Salah satunya gempa berkekuatan M 5,9 mengguncang titik 73 LU-126.39 BT atau kira-kira 140 kilometer barat laut Halmahera Barat di kedalaman 10 kilometer Jumat (15/11/2019) pukul 08.17 WIB.

“Ini gempa susulan,” sebut Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Geofisika Winangun Edwarr H Mengko.

Mengantisipasi gempa susulan tersebut, siswa sekolah di Manado pun dipulangkan sejak pukul 09.00 WITA.

“Saya jemput anak pulang karena pihak sekolah menyuruh anak-anak pulang lebih cepat, takut ada tsunami,” kata Elizabeth, orang tua siswa di SDN 1 Manado, dihubungi Konten.co.id, Jumat (16/11/2019) siang.

Sementara Sivana siswa kelas X SMP Negeri 1 Manado mengatakan kalau para guru memilih memulangkan para siswa takut akan ada gempa sususlan. “Saat terjadi gempa, wali kelas perintahkan kami pulang. Mereka takut gempa terus terjadi,” kata siswa.

Sementara Wali Kota Manado Vicky Lumentut mengimbau kepada warganya untuk tetap tenang meski gempa susulan masih terjadi. Menurutnya, gempa susulan yang terjadi hingga saat ini, tercatat sebanyak 82 kali dan tujuh kali dirasakan di Manado.

Dia juga meminta warga waspada dan aktif mengikuti perkembangan informasi dari BMKG maupun akun pemerintah terkait gempa. Dia pun minta kepala satuan perangkat daerah, camat, lurah dan kepala lingkungan untuk segera melaporkan kejadian pascagempa.

“Jangan percaya berita hoax yang beredar di masyarakat. Semoga Tuhan beserta kita semua dan tidak ada bencana terjadi di Manado,” ujarnya. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *