10 Aktivitas yang Baik Dilakukan Sebelum Tidur

10 Aktivitas yang Baik Dilakukan Sebelum Tidur

Daripada Main smartphone, ada aktivitas yang baik dilakukan sebelum tidur.

Jauhkan Smartphone, 10 Aktivitas Ini Baik Dilakukan Sebelum Tidur

Konten.co.id – Smartphone menjadi teman hidup kita sehari penuh. Tapi, akankah anda tetap ditemani smartphone saat di atas kasur?

Banyak riset menyebutkan main gadget bisa mengganggu kualitas tidur. Ada banyak aktivitas lain sebelum tidur yang baik dilakukan daripada bermain smartphone:

1. Baca Buku

Mengapa juga harus terus melototi smartphone di atas kasur, jika banyak novel yang asyik bisa membawa kita terlelap dengan nyaman. Penelitian menunjukkan membaca buku dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

2. Telpon Orang Terkasih Sebelum Tidur

Mungkin sebelum naik ke atas kasur bisa menelpon sebentar. Penelitian menunjukkan berbicara dengan orang yang dicintai seperti ibu misalnya, dapat membantu mengurangi stres.

Meredam stres merupakan komponen penting ketika ingin hanyut ke alam mimpi. Tidak harus mengobrol lama, cukup dengan mendengar suara orang terkasih sebentar, sudah cukup membantu.

3. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat bisa dibilang cara paling santai untuk relaksasi. Mandi air hangat menaikkan suhu sejenak, lalu membawa suhu tubuh perlahan-lahan mendingin setelah selesai mandi.

Proses ini merupakan persiapan yang sempurna untuk menuju ke peraduan, beristirahat dan mengaktifkan rasa kantuk

4. Meditasi

Bernapas dengan ritme baik, atau bermeditasi sejenak. Studi menunjukkan meditasi dapat membantu orang rileks dan mendapatkan istirahat malam dengan kualitas lebih baik.

Tidak hanya itu, mengatur napas dengan baik memiliki manfaat kesehatan yang menakjubkan. Bahkan jika hanya dilakukan dalam waktu sebentar.

5. Berhubungan Seks

Tempat tidur memang diperuntukkan untuk tidur, istirahat dan aktivitas seks bagi pasangan suami istri. Penelitian menunjukkan melakukan hubungan seks sebelum tidur dapat membantu tidur nyenyak.

Kegiatan seks memproduksi oksitosin, hormon di otak untuk merasa senang dan mengurangi hormon stres.

6. Menulis Buku Harian

Kedengaran kuno? Tidak juga. Terlalu cemas untuk hanyut dalam lelap? Menulislah, dan di atas kasur bukan menulis status di facebook ya!

Ambil buku harian, menulislah di situ. Penelitian menunjukkan menulis bisa membantu membersihkan pikiran negatif.

7. Minum Teh

Sempatkan menyesap minuman teh hangat sebelum merangkak ke tempat ridur yang nyaman dan empuk. Beberapa jenis teh bisa memicu rasa kantuk datang karena mengandung bahan-bahan yang dapat membantu relaksasi.

8. Lakukan Kerajinan Tangan

Penelitian menunjukkan aktivitas kerajinan tangan seperti merajut dan mewarnai gambar dapat membantu kitajadi rileks. Ini adalah cara yang produktif dan kreatif untuk bersantai dan mempersiapan pikiran yang baik untuk pergi tidur.

9. Yoga

Yoga bisa membuat istirahat malam menjadi lebih baik. Yoga menawarkan banyak manfaat, termasuk meredam stres dan pikiran bisa jadi lebih tenang.

10. YogaMembayangkan Adegan Santai

Penelitian menunjukkan tradisi jelang tidur dengan menghitung jumlah hewan dalam pikiran, seperti menghitung domba, misalnya, benar-benar melibatkan otak untuk beristirahat. Bayangkan gambar-gambar menenangkan untuk menepis stres dan membuat santai pikiran.

Nah setelah itu anda bisa tertidur dengan santai dan tenang tanpa smartphone. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *