Uji Coba ke Wanaraja, Tahun 2020 KA Cibatu-Garut Siap Beroperasi

Uji Coba ke Wanaraja, Tahun 2020 KA Cibatu-Garut Siap Beroperasi

KA Cibatu-Garut sudah masuk masa uji coba dan berhasil dengan baik.

Uji Coba Lancar, PT KAI Optimis KA Cibatu-Garut Siap Beroperasi Tahun Depan

Konten.co.id – Hampir empat dekade lebih atau 36 tahun rel kereta api (KA) Cibatu-Garut tidak berfungsi. Jalur rel KA sepanjang 19,7 kilometer itu sudah tidak difungsikan sejak tahun 80an.

Setelah berjalannya program reaktivasi, jalur rel kereta api yang melegenda sejak jaman kolonial Belanda itu kini hampir siap digunakan kembali. Warga Garut pun bakal segera menikmati perjalanan kereta api, yang membentang dari Stasiun Cibatu hingga Garut Kota.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro pihaknya telah melakukan uji coba dengan lokomotif seri CC 201 berjalan lancar dengan kecepatan 10 km/jam dan dilanjutkan dengan pengecekan menggunakan kereta kerja pada hari Selasa (1/10/2019).

“Dua kali perjalanan uji coba dari Stasiun Cibatu melewati jembatan Cikoang, Stasiun Pasir Jengkol, jembatan Citameng dan Stasiun Wanaraja berjalan dengan lancar, ” ungkap Edi.

Hasilnya, seluruh rangkaian rel dan jalur yang dilalui gerbong lokomotif selama percobaan, cukup memuaskan dan bisa sudah memungkinkan untuk digunakan secara regular.

Diakuinya, beberapa titik masih harus diperbaiki. “Tapi secara umum sudah layak,” kata dia.

Ia mengatakan, pengerajaan rel dari stasiun Cibatu hingga Stasiun Wanaraja terbilang cepat, tercatat dalam kurun waktu lima bulan sejak Juni lalu, jalur rel sudah bisa dilalui

Saat ini pembangunan jalur KA Cibatu-Wanaraja telah selesai dilakukan. Sedangkan untuk pembangunan Stasiun Wanaraja masih terus dikerjakan. “Targetnya awal tahun 2020 masyarakat sudah bisa menikmati perjalanan dari Garut menuju Bandung, Jakarta atau menuju ke wilayah lainnya.,” ujar Edi.

Sementara hambatan warga dari rel sepanjang 9,5 kilometer tersebut, relatif tidak ada. “Keberatan masyarakat relatif tidak ada, mereka malah senang kereta bakal segera beroperasi,” kata dia. (*)

Penulis : Kusuma

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *