Tips Packing Simpel Seorang Backpacker

Tips Packing Simpel Seorang Backpacker

Ada tips packing simpel buat anda seorang backpacker yang bisa diaplikasikan.

Anda Seorang Backpacker? Ini Tips Packing Simpelnya

Konten.co.id – Anda seorang backpacker? Tas ransel sudah menjadi pilihan untuk digunakan membawa barang.

Tas ransel memang lebih nyaman untuk di bawa jalan-jelan ketimbang tas koper. Sebab ukurannya yang tidak terlalu besar memudahkan para backpacker yang membawanya.

Selain itu tas ransel juga nyaman untuk dibawa kemana-mana. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat packing agar isi di dalam tas tidak berantakan.

Berikut tips packing simpel untuk backpacker.

1. Bawa Baju yang Ringan dan Tidak Mudah Kusut

Saat traveling Anda tentu ingin selalu tampil oke dan tidak ingin salah kostum sehingga semua baju bagus dimasukkan di dalam tas. Yang perlu diingat adalah sesuaikan baju yang Anda bawa dengan tujuan travelingmu. Ada baiknya Anda membawa pakaian yang ringan berbahan kain yang tipis namun tetap elegan.

Pakaian seperti kaos seperti jersey akan memudahkan Anda untuk packing sekaligus tidak khawatir baju tersebut bakal kusut selama di dalam tas. Kaos dapat digulung menjadi ukuran yang kecil sehingga menyisakan banyak ruang yang bisa dimanfaatkan untuk membawa barang lainnya.

2. Bawa Barang Seperlunya

Sebagai backpacker Anda dituntut membawa barang seminimalis mungkin. Namun bukan berarti tidak melakukan persiapan sama sekali, maksudnya bawalah barang yang dibutuhkan saja selama di lokasi.

Barang-barang seperti jean dan jaket yang notabene tidak bisa dilipat menjadi kecil, cukup bawa masing-masing satu saja. Ini dimaksudkan untuk menghemat ruang di dalam tas agar tidak penuh dengan barang-barang yang tidak begitu penting yang bisa mengganggu perjalanan Anda.

3. Pisahkan Peralatan Mana yang Harus di Dalam dan di Luar Tas

Pilah-pilah terlebih dahulu barang-barang bawaan berdasarkan fungsinya. Pilih peralatan yang penting untuk di taruh di ruang bagian atas ransel atau di saku luar. Jangan sampai barang-barang seperti dompet, hape peralatan mandi malah dimasukkan jauh di dalam tumpukan pakaian.

Pisahkan pula peralatan mandi dari ruang pakaian. Ini berguna untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti jika ada salah satu perlengkapan mandi yang tumpah misalnya sabun atau shampo tidak merusak isi ransel. Selain itu satu set peralatan mandi tidak akan tercecer dan mudah dicari saat dibutuhkan.

4. Bawa Wadah Plastik

Plastik sangat diperlukan saat backpackeran karena memiliki banyak kegunaan. Terlebih pada musim hujan, keberadaan kantong plastik sangat penting untuk melindungi alat-alat elektronik Anda dari kebasahan.

Selain itu kantong plastik juga berguna untuk memisahkan pakaian bersih dan kotor. Jika nanti beli oleh-oleh, kantong plastik juga bisa digunakan untuk tas cadangan yang dapat digunakan untuk diisi barang-barang tambahan.

5. Bawa Sarung (Khusus Backpacker Pria)

Sarung adalah benda multifungsi yang wajib dibawa khususnya buat traveler pria. Selain untuk salat, sarung juga dapat digunakan untuk alas tidur atau selimut yang melindungi Anda dari gigitan nyamuk atau udara dingin.

Hal yang tidak terduga seperti tidak mendapat tempat menginap adalah hal lumrah yang dialami backpacker di lokasi traveling. Nah jika itu menimpa Anda maka sarung dapat menjadi penyelamat saat Anda harus tidur di emperan masjid, atau di pom bensin.

6. Susun Mulai Dari yang Terberat

Jangan asal memasukkan barang ke dalam tas ransel karena bisa mempengaruhi Anda saat membawanya. Pilih barang yang memiliki bobot paling berat untuk dimasukkan di tempat paling dasar kemudian ditumpuk dengan yang lebih ringan di atasnya.

Pastikan menyeimbangkan sisi sebelah kiri dan kana ranselmu, dengan cara ini nanti ranselmu akan lebih ringan saat bawa. Backpacker tentu tidak ingin membawa tas yang tidak stabil sebab bisa bikin punggung sakit.

Itulah tips packing simpel untuk backpacker yang bisa diaplikasikan. bagaimanapun juga setiap orang memiliki cara sendiri dalam menentukan barang apa saja yang ingin di bawa saat jalan-jalan. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *