Tips Mengalahkan Rasa Ingin Menunda-Nunda

Tips Mengalahkan Rasa Ingin Menunda-Nunda

Kalau anda punya rasa menunda-nunda lawanlah dengan berbagai cara.

Punya Rasa Ingin Menunda-Nunda? Ini Tips untuk Mengalahkannya

Konten.co.id – Pernahkan anda punya rasa Malas? Gak mood? Yang bikin anda menunda-nunda sesuatu, termasuk tugas yang harus dikerjakan. Ada saja “setannya” buat kamu yang ingin melakukan banyak pekerjaan.

Tapi “penyakit” menunda-nunda ini bisa dikalahkan. Berikut tipsnya:

1. Pilih Satu Dulu

Kunci untuk mengalahkan kebiasaan menunda-nunda adalah: FOKUS. Kita kerap memberikan diri kita sendiri terlalu banyak daftar yang harus dilakukan dan karenanya malah menjadi kewalahan. Mulailah dengan memilih hanya satu hal yang harus dilakukan cepat dan buatlah komitmen tenggat waktunya.

2. Mulai Sekarang Juga

Setelah mempersempit ke satu tugas, segera ambil tindakan. Hari ini juga.

3. Lima Menit Ajaib

Tanya diri sendiri: “Tindakan apa yang bisa saya ambil dalam waktu lima menit?” Setelah mengidentifikasi tindakan kecil, pasang alarm dalam lima menit dan kerjakan tugas tersebut.

Penelitian menunjukkan bahwa sekali kita memulai sesuatu, kita lebih mungkin untuk menyelesaikannya. Seterusnya bisa jadi lebih banyak menyisihkan waktu mengerjakannya. Kamu pasti bisa!

4. Andalkan Jam Produktif

Ada-ada saja gangguan dan godaan saat melaksanakan sesuatu, lalu berujung pada penundaan. Kadang godaan itu gara-gara kita sendiri, berleha-leha misalnya.

Kumpulkan godaan dan gangguan itu di satu waktu pendek minimal 20 menit, lalu kembali konsentrasi. Manfaatkan kinerja otak dan tubuh secara optimal saat produktif. Penting menjaga keseimbangan antara konsentrasi/fokus dengan waktu istirahat/bermain-main.

5. Maafkan Penundaan Di Masa Lalu

Yang lalu, biarlah berlalu. Penelitian menunjukkan bahwa semakin kita bisa memaafkan diri sendiri karena pernah menunda sesuatu di masa lalu, semakin besar kemungkinan kita mengatasi penundaan saat ini dan mengambil tindakan. Pengalaman masa lalu dapat menjadi pelajaran berharga.

6. Dengarkan Lagu

Pilih lagu yang benar-benar membuat dirimu berenergi. Mainkan setiap kali ingin mengatasi sesuatu yang telah lama ditunda-tunda. Otak yang gembira bisa jadi pemicu untuk melakukan sesuatu.

7. Mengidentifikasi Masalahnya

Bisa jadi seseorang menunda-nunda karena takut sesuatu atau kewalahan dan tidak tahu harus mulai dari mana. Isilah dulu kalimat ini; “Saya menunda ini karena …” atau “Saya menghindari tugas ini karena takut ….” Dan lihat apa yang muncul.

Mengidentifikasi ketakutan dapat membantu seseorang menyadari bahwa yang ditakutkan tak seburuk yang dipikirkan.

8. Lepaskan Beberapa Hal

Salah satu cara untuk berhenti menunda-nunda sesuatu adalah untuk memutuskan dan memilih, jikalau ada hal-hal yang tidak akan pernah perlu dilakukan.

Buatlah daftar. Jangan-jangan, memang ada hal yang tidak benar-benar perlu dilakukan tapi malah jadi beban pikiran. Lepaskan tugas yang tak benar-benar harus dilakukan.

9. Berjanji pada Teman

Pilih tenggat waktu dalam menyelesaikan sebuah tugas dan buat taruhan dengan teman baik atau siapapun yang Anda anggap dekat. Minta mereka mengingatkanmu tentang janji itu.

Buat janji misalnya: “Jika tugas ini tak selesai, saya akan traktir kamu minum kopi…“ atau hal lain semacam itu. Ayo semangat!

10. Membuatnya Jadi Menyenangkan

Cara lain untuk memotivasi diri untuk menyelesaikan tugas adalah menyiapkan hadiah yang Anda akan memberikan kepada diri Anda setelah tugas tertunda itu selesai. Penelitian menunjukkan otak manusia merespon stimulus terhadap hadiah. Buang rasa “gak mood”, “sikat” rasa malas… jangan tunda-tunda lagi. Lebih cepat beres, tentu lebih cepat lega.

So,, jangan lagi ya nunda-nunda waktu apalagi pekerjaan kalau lo semua mau sukses. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *