Terekam CCTV, Fakta Kuyang yang Melegenda di Kalimantan

Terekam CCTV, Fakta Kuyang yang Melegenda di Kalimantan

Hantu Kuyang yang viral muncul di Samarinda punya kisah dan fakta yang patut anda ketahui.

Patut Diketahui, Fakta Kuyang yang Melegenda di Kalimantan

Konten.co.id – Baru-baru ini tengah viral video di media sosial penampakan hantu Kuyang di Samarinda. Dalam video tersebut hantu Kuyang terlihat di CCTV di Samarinda.

Makhluk ini pun membuat dunia nyata dan dunia maya merinding. Hantu Kuyang bukan kali ini saja menjadi topik hangat perbincangan publik.

Sebelumnya Kuyang pernah ramai dibicarakan saat presiden Jokowi mengumumkan perpindahan Ibu Kota Indonesia yang baru ke Provinsi Kalimantan Timur. Pasalnya, Kuyang merupakan hantu yang berasal dari Kalimantan dan populer di sana.

Tak sedikit juga warga yang meyakini adanya sosok hantu Kuyang. Kuyang digambarkan sebagai sosok perempuan dengan rambut panjang yang menjuntai dan hanya menyisakan organ dalam. Sosok Kuyang pun dikabarkan menyerupai Leak hantu dari Bali.

Hantu Kuyang adalah sosok siluman berwujud kepala perempuan dengan rambut panjang dan organ dalam tubuh yang menggantung tanpa kulit.

Tak hanya sosoknya saja yang menyeramkan. Konon menurut kepercayaan warga, hantu tanpa organ dalam ini mencari bayi dan darah wanita hamil atau setelah melahirkan.

Jika Kuyang telah makan darah, maka kemampuannya akan lebih sakti dan tidak bisa dikalahkan oleh kemampuan atau kekuatan apapun. Konon, Kuyang sebenarnya seorang wanita yang menuntut ajaran ilmu hitam untuk mencapai kehidupan abadi.

Pada siang hari, hantu Kuyang menjadi manusia biasa yang mengenakan jubah. Lalu saat malam datang, ia terbang mencari tumbal. Masyarakat yang melihat saat terbang, mengaku sosok itu seperti burung besar.

Kuyang merupakan salah satu bentuk setan yang menjadi musuh manusia. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Surat Fathir ayat 6 yang berbunyi:
إِنَّ الشَّيْطَانَ لَكُمْ عَدُوٌّ فَاتَّخِذُوهُ عَدُوًّا إِنَّمَا يَدْعُو حِزْبَهُ لِيَكُونُوا مِنْ أَصْحَابِ السَّعِيرِ

Artinya: Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh bagimu, maka anggaplah ia musuh(mu), karena sesungguhnya syaitan-syaitan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala.

Agar dapat terhindar dari perbuatan jahat Kuyang, umat Muslim disunnahkan membaca surat An-Naas yang memiliki keutamaan berlindung kepada Allah SWT.

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ (1) مَلِكِ النَّاسِ (2) إِلَهِ النَّاسِ (3) مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ (4) الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ (5) مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ (6)

Artinya: (1) Katakanlah: ‘Aku berlidung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia’. (2) Raja manusia. (3) Sembahan manusia. (4) Dari kejahatan (bisikan) setan yang biasa bersembunyi. (5) yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia. (6) dari (golongan) jin dan manusia. (*)

Penulis : Kusuma

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *