Sawah Tinggal 7,1 Juta Hektar, Indonesia Darurat Lahan Pangan

Sawah Tinggal 7,1 Juta Hektar, Indonesia Darurat Lahan Pangan

Sawah Indonesia tinggal 7,1 Juta hektar membuat Jokowi khawatir dan meminta menteri mengambil aksi penyelamatan sawah.

Sawah Tinggal 7,1 Juta Hektar, Jokowi Khawatir Indonesia Darurat Lahan Pangan

Konten.co.id – Lahan sawah Indonesia kian hari kian menyusut. Berdasar pemetaan terakhir lahan sawah di Indonesia hanya tinggal 7,1 juta hektar.

Padahal pada 2013 lalu, luasan lahan sawah di Indonesia masih 7,7 juta hektar. Itu artinya terjadi penyusutan sebesar 600.000 hektar dalam 6 tahun. Hal ini menimbulkan kekhawatiran indonesia darurat lahan pangan.

Untuk mengatasi hal itu, Presiden Joko Widodo pun memerintahkan para menterinya untuk mengambil aksi penyelamatan lahan sawah.

“Perpresnya itu kan keluar sebulan yang lalu dan memerintahkan kepada sekian banyak menteri untuk mengambil tindakan dan penyelamatan lahan sawah,” ujar Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil.

Pemerintah, ucapnya, sudah merancang strategi untuk menyelamatkan lahan sawah tersebut. Antara lain adalah akan ada skema insentif kepada pemilik lahan agar lahan pertaniannya tidak dijual atau dialihfungsikan.

“Kalau kita kunci tanah orang tidak boleh digunakan hanya untuk sawah perlu ada insentif,” kata dia

“Kemudian tentang bagaimana persaingan kebutuhan pangan dan industri. Jadi harus ada aturan dasarnya, karena kalau industri kadang korbankan sawah,” sambungnya. (*)

Penulis : Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *