PayPal Akuisisi Saham GoPay China

PayPal Akuisisi Saham GoPay China

PayPal ingin ikut serta dalam transaksi digital yang lebih baik dengan bekerja sama dengan GoPay

Tren Pembayaran Digital, PayPal Akuisisi Saham GoPay China

Konten.co.id – PayPal Holdings Inc berencana akuisisi 70% saham GoPay China. Platform ini berbeda dengan dompet digital GoPay milik Gojek.

Aksi korporasi ini diharapkan selesai kuartal IV-2019. Bank sentral China atau People Bank of China (PBoC) sudah menyetujui rencana akuisisi ini, seperti dikutip dari TechCrunch, Selasa (1/10/2019).

Masuknya PayPal ke pasar pembayaran China bukan tanpa alasan. Bisnis pasar pembayaran China memang cukup besar dan menjanjikan.

Pasar pembayaran digital China memang sangat menjanjikan. Riset Forst & Sulivan menyatakan pasar ini diperkirakan akan tumbuh menjadi US$96,73 triliun pada 2023, yang didorong dari peningkatan transaksi di e-commerce.

Laporan tersebut juga menyebutkan jumlah pengguna aktif pembayaran mobile melalui ponsel akan naik dari 562 juta di 2017 menjadi 956 juta di 2023.

GoPay China yang secara resmi dikenal sebagai Guofubao Information Technology Co didirikan pada 2011 sebagai perusahaan kerja sama antara China International Commerce Center (CIECC) dan HNA Retailing Holding, anak perusahaan dari konglomerat HNA Group.

GoPay China mendapatkan lisensi pembayaran internet dan pembayaran seluler pada 2011 dari Bank Sentral China. Pada tahun 2015, GoPay China mendapat lisensi bisnis pendanaan sistem pembayaran.

Setahun kemudian, GoPay China mendapat linsensi bisnis pembayaran lintas negara (cross border) dengan menggunakan reminbi dan izin penerbitan kartu pra bayar.

Kini saat bisnis utama perusahaan adalah dalam sistem pembayaran dan solusi pendukung industri e-commerce, perdagangan lintas batas, penerbangan dan industri lainnya GoPay China pun ikut serta aktif. “Kita juga siap untuk akuisisi GoPay agar bisa bekerja bersama,” tukasnya. (*)

Penulis: Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *