Mengenal Sejarah dan Manfaat Permainan Petak Umpet

Mengenal Sejarah dan Manfaat Permainan Petak Umpet

Petak umpet tidak hanya ada di Indonesia. Serunya permainan ini ternyata sudah dimulai sejak lama

Yuk Kenali Sejarah dan Manfaat Permainan Petak Umpet di Dunia

Konten.co.id – Pernah bermain petak umpet? Permainan ini memang menjadi permainan favorit anak-anak di berbagai daerah di Indonesia. Ternyata, permainan ini juga ada di berbagai negara.

Petak umpet merupakan sebuah permainan yang dilakukan secara bersama-sama. Biasanya permainan ini dilakukan di luar rumah sehingga jangkauan untuk mengumpat bisa lebih luas.

Permainan diawali dengan gambreng hom pim pa kemudian yang kalah akan “jaga” dan sisanya bersembunyi.

Sebelum bersembunyi, sang penjaga akan menutup matanya menghadap tembok atau pohon yang akan dijadikan sebagai “benteng” dan salah satu dari yang bersembunyi akan mencolek menggunakan salah jarinya.

Setelah mencolek, yang jaga berbalik dan menebak jari mana yang digunakan untuk mencolek. Kesalahan menebak akan dihitung sebagai waktu untuk bersembunyi.

Satu jari dihitung 10 berarti yang jaga akan menghitung paling cepat 10 paling lama 100. Setelah berhasil menebak, sang penjaga akan kembali berbalik, menutup mata, dan mulai berhitung.

Yang bersembunyi berkesempatan untuk mencari tempat persembunyian yang paling aman sampai waktu hitungan habis.Oh iya, biasanya tempat persembunyiannya dibatasi agar tidak terlalu jauh untuk mencari.

Setelah selesai menghitung, “penjaga” mencari teman-temannya yang bersembunyi. Mereka yang bersembunyi harus mencari celah untuk keluar tanpa ketahuan dan langsung merebut “benteng” tadi dengan berteriak “hong!”.

Bagi mereka yang ketahuan, masih memiliki kesempatan untuk tidak jaga dengan beradu cepat untuk lari meraih benteng dan teriak “hong!” dengan si penjaga.

Jika tidak bisa, terpaksa dia harus gantian jaga. Jika yang ketahuan banyak, biasanya dikocok dan dipilih dengan menutup mata dan menyebutkan nomor urut berdiri.

Permainan bisa diteruskan seperti itu. Tapi aturannya bisa disesuaikan dengan kesepakatan bersama. Lalu permainan ini dimulai sejak kapan sih?

Petak umpet diperkirakan sudah ada sejak abad ke 2 setelah masehi. Tapi hingga saat ini masih sulit untuk menemukan dari daerah mana permainan ini berasal.

Namun menurut Encyclopedia Britannica, permainan ini pernah tertulis dalam sebuah karya penulis asal Yunani yakni Julius Pollux ketika ada jenis permainan serupa yang disebut dengan Apodidraskinda.

Sekarang, di Yunani sendiri permainan jenis ini disebut sebagai Kryfto yang dianggap sama dengan model permainan petak umpet.

Di negara lain selain Yunani, juga terdapat permainan serupa tapi berbeda penyebutan atau istilah dari nama permainannya. Di Spanyol terkenal dengan nama Escondite. Di Perancis juga disebut dengan Jeu de Cache-Cache.

Di Israel juga ada loh permainan petak umpet yang bernama Machboim. Di Korea juga permainan petak umpet dikenal dengan nama Sumbagoggil.

Ada lagi Rusmania disebut dengan de-av-ati Ascunsela. Di Bolivia disebut dengan Tuja. Sedangkan di Honduras dan El Salvador disebutnya Cuvumbe. Tentunya, di Inggris dan Amerika Serikat, petak umpet disebut dengan Hide-and-Seek.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Di Indonesia sendiri, permainan petak umpet sudah ada sejak jaman dahulu. Sama seperti di negara lain, permainan petak umpet ini tidak diketahui bagaimana asal-usulnya dan juga kapan mulai di mainkan.

Untuk namanya, petak umpet memiliki istilah sendiri-sendiri di berbagai daerah di Indonesia. Yang terkenal adalah penyebutan permainan petak umpet dalam bahasa Sunda dan bahasa Jawa.

Dalam bahasa Sunda, petak umpet dikenal dengan istilah Ucing Sumput sedangkan dalam Bahasa Jawa disebut dengan Dhelikan, Jethungan, atau Jepungan.

Selain seru permainan ini ternyata memiliki banyak dampak positif loh. Diantaranya:

1.Menumbuhkan perasaan senang

Bermain pastinya akan membuat anak enjoy. Ditambah lagi bermain dengan teman-temannya akan membuat anak semakin riang karena bisa bersama dengan orang yang seumuran yang pastinya akan membuat permainan menjadi lebih seru karena masih sebaya jadi satu pemikiran.

2. Bersosialisasi

Dengan dilakukan bersama teman-teman yang lain, pasti membuat anak melatih anak untuk bersosialisasi dengan baik. Bagaimana ia berkomunikasi dengan temannya dan memberikan pendapat mengenai dimana sebaiknya bermain dan ngobrol serta bertukar pendapat dengan temannya. Secara tidak langsung, anak akan belajar untuk berkomunikasi dan bertukar ide.

3. Aktif

Bersembunyi dan berusaha untuk menggapai benteng lebih dulu akan membuat anak berpikir bagaimana caranya dan mengatur strategi. Anak akan berpikir lebih.

Selain itu, permainan yang dilakukan diluar rumah membuat anak terus bergerak seperti mislanya berlari. Hal ini akan membuat anak menjadi lebih aktif baik dari fisik maupun daya pikir.

4. Kreatif

Karena permainan ini memerlukan daya pikir yang bagus, anak pasti akan lebih kreatif. Dalam hal ini, anak akan mencari persembunyian yang tidak biasa dan membuat dirinya aman.

Selain itu bagi si penjaga, ia akan mencari kemungkinan teman-temannya bersembunyi dengan mencari tempat yang bisa digunakan untuk bersembunyi.

5. Belajar Diskusi

Anak-anak akan melakukan perundingan mengenai aturan yang akan diberlakukan dalam permainan petak umpet. Nah, dalam berunding ini biasanya anak-anak menyampaikan ide baru dan keinginannya agar permainan tetap seperti apa yang mereka inginkan dan terasa menyenangkan.

6. Melatih sportivitas

Dalam permainan, menang kalah adalah hal yang biasa. Termasuk dalam permainan petak umpet ini, seseorang yang kalah dan jaga harus menerima dan menjalani perannya dalam permainan dengan baik. Begitu pula untuk mentaati aturan permainan yang sudah disepakati

7. Belajar menghapal hitungan

Permainan ini sangat baik untuk anak yang sedang mengenal hitungan. Karena mereka akan belajar untuk menghapalnya saat anak kebagian jaga.

Selain itu, hal ini juga bisa menjadi motivasi anak agar lancar dalam hitung-hitungan agar tidak malu saat bermain petak umpet bersama teman-temannya.

Ternyata banyak manfaat ketika kita bermainan petak umpet ya! Terutama untuk anak-anak. Sebaiknya jika kamu memiliki saudara yang masih anak-anak, ayo kenalkan dengan permainan yang dilakukan diluar rumah seperti petak umpet ini. (*)

Penulis : Ade Indra

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *