Menerka Fakta Keaslian Foto Galaksi Bima Sakti

Menerka Fakta Keaslian Foto Galaksi Bima Sakti

Foto galaksi Bima Sakti yang selama ini beredar masih menjadi tanda tanya keasliannya.

Foto Galaksi Bima Sakti Asli atau Palsu, Ini Fakta Sainsnya

Konten.co.id – Sejak dulu banyak beredar foto Galaksi Bima Sakti. Pro kontra terkait foto galaksi ini pun banyak jadi perbincangan. Banyak yang bertanya keasliannya.

Namun akun @Semestasains mencoba menjawab semua pertanyaan tersebut. Dan didapat fakta kalau foto tersebut adalah palsu. Foto yang beredar merupakan ilustrasi komputer.

Faktanya, Galaksi Bima Sakti adalah rumah kita. Sains dan teknologi saat ini belum bisa membawa kemanusiaan keluar galaksi kita.

Jika kita belum bisa keluar rumah maka mustahil mengambil foto bentuk rumah kita secara keseluruhan. Lalu dari mana citra-citra galaksi kita tersebut?

Sebelumnya kita harus paham dulu bahwa Astronomer mempelajari objek luar angkasa langsung dari foto-foto yang indah tersebut hanya sekitar 20 persen saja. Sekitar 80 persen lainnya dari data matematis yang berupa grafik, angka, dan diagram dan berbagai kode rumit.

Data matematis tersebut didapatkan dari berbagai instrumen sains baik yang berada di Bumi, di orbit Bumi, maupun jauh diluar angkasa sana.

Data tersebut di olah komputer untuk kemudian memperkirakan bagaimana bentuk galaksi kita sesungguhnya. Lalu Bagaimana caranya?

Setiap Bintang memiliki cahayanya sendiri. Setiap cahaya memiliki spektrum, sifat, kerapatan, dan instensitasnya masing-masing yang kemudian terdeteksi oleh instrumen sains baik yang di Bumi, orbit bumi, maupun jauh diluar angkasa.

Data tersebut berupa kode-kode rumit. Kode rumit tersebut dikumpulkan, diolah dan diterjemahkan oleh komputer yang hasilnya berupa sebuah citra dengan gelombang warna yang bisa dilihat dengan mata manusia.

Data tersebut kemudian dibandingkan dengan foto asli galaksi-galaksi lain yang juga sudah diubah dalam kode tertentu. Dari perpaduan semua data tersebut, dapat diperkirakan bentuk galaksi kita, termasuk dimana letak tata surya kita.

Semakin hari data semakin bertambah, maka perkiraan bentuk galaksi kita pun semakin baik dan semakin detail. “UGC-12158 jarak: 384 juta tahun cahaya merupakan sebuah galaksi yang bentuknya paling mirip galaksi kita.”. (*)

Penulis : AIK

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *