Mau Ikut Urbanisasi? Penuhi Syarat ini Agar Tak Jadi Beban

Mau Ikut Urbanisasi? Penuhi Syarat ini Agar Tak Jadi Beban

Urbanisasi bisa jadi keuntungan asal direncanakan dengan matang, didudkung regulasi yang baik dan dibiayai dengan cermat.

Urbanisasi Bisa Jadi Keuntungan Asal Penuhi Tiga Syarat Ini

Konten.co.id – Saat ini urbanisasi tidak perlu lagi dipandang sebagai beban melainkan sebuah peluang untuk berkembang.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan agar mimpi tersebut bisa terwujud, ada tiga syarat yang perlu dipenuhi terlebih dahulu.

“Yaitu direncanakan dengan matang (well-planned), didukung oleh regulasi yang mantap (well-regulated), dan dibiayai secara terencana dengan cermat (well-financed),” katanya dalam akun twiter @KemenPU.

Sebagai bocoran, rencana Pemerintah untuk memindahkan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur, juga akan mengadopsi tiga syarat tersebut. “Dengan demikian, pemindahan IKN diharapkan bisa menjadi pusat pertumbuhan kegiatan ekonomi wilayah yang lebih matang,” katanya.

Berdasarkan asumsi perhitungan yang dilakukan Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas), jumlah penduduk yang mendiami 40.000 hektar luas lahan IKN ketika pengembangan tahap awal, mencapai 1,5 juta jiwa.

Dari jumlah tersebut, 1,1 juta jiwa di antaranya adalah aparatur sipil negara (ASN) yang akan pindah beserta keluarganya secara bertahap. Sedangkan sisanya adalah para pelaku usaha ekonomi yang diharapkan mencapai 400.000 jiwa.

Dengan besarnya jumlah penduduk, Basuki berharap, IKN dapat menjadi pusat pertumbuhan kegiatan ekonomi wilayah. Terlebih, posisi Kalimantan Timur yang berada tepat di tengah-tengah Indonesia. (*)

Penulis : Kusuma

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *