Manfaat Hebat Salat Tahajud Bagi Kesehatan

Manfaat Hebat Salat Tahajud Bagi Kesehatan

Salat tahajud punya segudang manfaat bagi anda yang sering melaksanakannya.

Ini Manfaat Hebat Salat Tahajud Bagi Kesehatan Anda

Konten.co.id – Siapa dari anda yang sering melaksanakan salat tahajud? Tahukah anda kalau ada berbagai manfaat bagi anda yang sering melakukan salat yang sering disebut Qiyamul lail ini.

Salah satunya bagi kesehatan tubuh manusia, spiritual, dan manfaat memohon perlindungan kepada sang pencipta dan supaya do’a atau keinginnya dikabulkan oleh Allah SWT.

Penelitian ini sudah di buktikan oleh para ilmuan kaitannya kesahatan dengan rutin melakukan salat tahajud.

Salat tahajud merupakan sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari yaitu setelah melaksanakan sholat wajib hingga terbitnya fajar. Salat tahajud dilakikan paling sedikit 2 raka’at dan dan paling banyak tidak terbatas.

Ini manfaat Salat tahajud bagi kesehatan anda :

1. Bisa Melancarkan Aliran Darah

Salat tahajud adalah ibadah sunnah yang dilakukan dimalam hari kenapa waktunya dilakukan dimalam diwaktu istirahat ?

Alasannya dari hal diatas Allah jawab dalam surah al-Muzzammil ayat 6-7, yang artinya ” Sesungguhnya bangun di waktu malam, dia lebih berat dan bacaan di waktu itu lebih berkesan. sesungguhnya bagimu dising hari kesibukan yang panjang”

Kalau kita perhatikan ketika kita bangun malam hari untuk melakukan sholat tahajud adalah waktu yang tepat bagi tubuh kita mendapatkan pasokan oksigen yang baik.

Karena pukul 2 sampai subuh adalah pasokan oksigen yang baik bagi kesehatan tubuh manusia. dengan pasokan oksigen tersebut maka kondisi tubuh kita akan menjadi segar dan aliran darah akan menjadi lancar.

Satu hal penting yang harus kita perhatikan ketika kita melakukan sholat tahajud supaya lamakan untuk ruku dan sujudnya, supaya aliran darah kita mengalir dengan baik ke arah kepala, karena selama disiang hari aliran darah kita selalu mengalir kebawah dengan aktifitas kerja yang padat disiang hari.

2. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung Memperpanjang Usia

Salat tahajud dilakukan diwaktu yang hening dan sepi dalam kesendirian. Mediasi adalah keheningan, berdiam dalam kesendirian.dalam keheningan akan membawa diri kita kealam bawah sadar kita.

Bagaimana kaitannya dengan kesehatan resiko terkena penyakit jantung dan memperpanjang usia bagi orang yang rajin dan rutin melakukan sholat sunah tahajud ini.

Penelitian menyebutkan bahwa sistem imun yang ada pada tubuh manusia akan meningkat dengan berada di dalam ketenagan didalam tubuh. sehingga akan mengurangi resiko terhadapa penyakit jantung, dan sekaligus memperpanjang usia.

Selain itu mandi sebelum melaksanakan sholat tahajud juga sehat bagi tubuh manusia, membuat kulit sehat, karena air segar sebelum subuh dapat membantu meningkatakan daya tahan tubuh dari penyakit.

3. Terhindar Dari Sakit Pinggang

Salat salah satu ibadah yang paling propesional bagi atonomi tubuh manusia. setiap gerakan yang ada dalam sholat adalah gerakan khas tubuh manusia.

Maka kalau kita melkukan sholat dengan sungguh – sungguh dan menghayati setiap gerakannya juga termasuk olahraga yang baik untuk tubuh kita.

Kaitannya dengan penyakit pingang adalah, jika kita rutin melakukan sholat tahajud setiap malam kita menjadi biasa bangun dimalam hari maka kita akan jauh dari penyakit pinggang yang sering terjadi kepada kebanyakan orang yang terlalu banyak tidur.

4. Mencegah Dari Penyakit Infeksi Pernafasan

Kesehatan tubuh manusia tergantung dari udara yang sering dihirup dalam keseharian, udara yang segar akan menjadikan saluran pernapasan tubuh manusia menjadi baik,sebaliknya jika udara yang tidak bagus akan berdampak penyakit bagi tubuh manusia.

Untuk mencegah penyakit ini diyakini gaya hidup yang sehat bisa membentengi kekebalan tubuh manusia dari hal tersebut. Jika kita lihat waktu perlaksaan sholat tahajud yang dilakukan dimalam hari maka kita akan paham manfaatnya yang besar untuk kesehatan.

Air yang dipakai untuk mandi, udara yang segar yang dihirup dimalam hari akan menjadikan tubuh segar.

5. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Nabi Muhammad SAW selama masa hidupnya tidak pernah meninggalkan salat tahajud, oleh karena itu beliau menanjurkan kepada umatnya untuk melakukannya.

Padahal beliau adalah salah satu orang yang sudah dijamin untuk masuk surganya Allah, tetapi masih rajin untuk melaksanakan perintah Allah. Selain untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT salat tahajud juga banyak membawa manfaat yang baik untuk tubuh manusia.

6. Penampilan Menjadi Lebih Menarik

Salat tahajud adalah ibadah yang tidak mudah dilaksanakan kerena dilakukan pada malam hari disaat orang lain sedang beristirahat.

Maka tidak sembarangan orang yang bisa bangun malam hari untuk melaksakan salat ini, hanya orang yang diberikan taufiq dan hidayahlah yang ringan dalam melaksanakannya.

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan jika kita ingin melaksanakan salat tahajud dan mudah bangun diwaktu terbaik salat tahajud.

  1. Jangan terlalu banyak makan sebelum tidur
  2. Luangkan waktu tidur siang walaupun sebentar, karena akan membantu bangun dimalam hari.
  3. Jangan tidur terlalu larut setelah beraktifitas dimalam hari.
  4. Bewudu dan berdo’a sebelum tidur

Lalu, kenapa orang yang sering melaksanakan tahajud wajahnya lebih cantik dan ceria ? Kerena orang yang sering tahajud suka menyendiri dengan Ar-Rahman Allah, lalu dia mendekatkan diri kepada-Nya dan Allah memberikan sebagain dari cahaya-Nya kepada mereka.

Dalam hal ini cantik dan ceria bukan diartikan dalam hal fisik manusia saja tetapi cantik dalam prilaku dan akhlaknya.

7. Menyegarkan pikiran

Pikiran Manusia tergantung dari keadaan hatinya, Jika hatinya damai dan tenang akan secara otomatis pikirannya akan menjadi tenang juga.

Banyak manusia hidup kerja keras banting tulang hanya untuk menyenangkan pikiran tampa berpikir bagaimana cara untuk menjadikan hatinya tenang, dan yang akan terjadi akan terus tidak menemukan ketenangan.

Melalui salat tahajud akan mudah untuk menjadikan pikiran tenang, karena kita menyerahkan hati kita kepada Allah SWT dan Allah SWT akan naungi kita dengan anugrah-Nya. (*)

Penulis : Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *