Khasiat Mandi Sebelum Waktu Subuh bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat Mandi Sebelum Waktu Subuh bagi Kesehatan Tubuh

Mandi sebelum subuh punya segudang manfaat yang harus anda ketahui.

Ini Khasiat Mandi Sebelum Waktu Subuh Baik Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Konten.co.id – Banyak orang yang takut ketika mandi sebelum subuh. Rasa dingin yang begitu menusuk tulang acap kali jadi alasan orang ogah mandi sebelum subuh.

Padahal mandi yang biasa kita lakukan pada pagi hari memiliki pengaruh besar untuk memulai aktifitas setelah tubuh menyisakan lelah setelah berjam-jam tidur di malam hari.

Tapi tahukah anda bahwa mandi pada saat sebelum waktu subuh tiba akan membuat badan kita lebih sehat dan awet muda?

Konon, dulu para Nabi dan Rasul biasa menghidupkan waktu fajar dengan segala aktivitas ritual. Fajar maksudnya jauh waktu sebelum matahari terbit. Lalu kebiasaan itu diikuti oleh para tabiin dan para salafus shalih.

Mereka meraih kesehatan dengan banyak mendekatkan diri pada Illahi dan termasuk pula kebiasaan mandi dikala fajar. Kebiasaan itu akhirnya menjadi turun temurun pada semua pengikutnya.

Tak heran bila orang tua jaman dahulu fisiknya lebih kuat dibandingkan dengan orang tua jaman sekarang. Menurut penelitian, air yang kita gunakan saat sebelum subuh memiliki kandungan O3 yang lebih besar, dan O3 ini mengandung khasiat yang menakjubkan bagi tubuh bila digunakan untuk keperluan mandi pagi yaitu pada saat fajar.

Menurut Dr.Abdul Hamid Dayyat dari Universitas Kairo, Mesir, bahwa gas O3 diudara sangat melimpah di waktu fajar, kemudian akan berkurang sedikit demi sedikit sampai matahari terbenam. Gas O3 mempunyai pengaruh positif positif pada urat saraf, mengaktifkan kerja otak dan tulang. Ketika seseorang menghirup udara fajar yang dinamakan udara pagi, dia merasakan kenikmatan dan kesegaran tiada taranya diwaktu manapun, baik siang atau malam”.

Ada pula yang mengatakan, bahwa air dingin pada waktu sebelum subuh atau waktu sepertiga malam memiliki partikel alfa yang sangat besar. Yang mampu menjadikan tubuh lebih bugar ketimbang mandi pagi pada umumnya.

Sementara itu beberapa hasil penelitian, menyimpulkan sebaiknya seseorang membiasakan mandi pagi dengan air dingin. Yaitu :

  1. Mandi pagi mampu melancarkan peredaran darah.
  2. Mandi dengan air dingin akan meningkatkan sel darah putih
  3. Mandi dengan air dingin bisa menurunkan resiko darah tinggi.
  4. Mandi dengan air dingin dapat meningkatkan kesuburan
  5. Mandi pagi memperbaiki kesehatan jaringan tubuh
  6. Mandi pagi dengan air dingin dapat membuat rambut lebih sehat
  7. Mandi air dingin berkhasiat meredakan depresi Kebiasaan mandi di saat fajar memiliki pengaruh besar pula bagi kesehatan jaringan tubuh manusia.

Jaringan kulit akan semakin baik, kulit tidak kering namun kulit akan menjadi lebih kenyal. Mandi saat fajar juga berpengaruh pada kejiwaan, kebiasaan mandi seperti ini memiliki efek relaksasi pada tubuh.

Tubuh akan menjadi lebih rileks dan pikiranpun menjadi tenang. Menurut para terapis, mandi lebih baik dilakukan dengan menggunakan shower daripada dengan gayung.

Saat mandi dengan shower, air yang keluar dari pancuran akan memijat kulit dan tubuh. Hal itu akan menimbulkan efek pijatan yang membuat otot tegang menjadi lemas. Jadi, jangan-ragu-ragu lagi untuk mandi pada waktu sepertiga malam, selain itu akan mendorong kita untuk mengerjakan Shalat malam. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *