Kenali Suku Bajau, Aquaman Nyata Asal Indonesia

Kenali Suku Bajau, Aquaman Nyata Asal Indonesia

Suku Bajau bisa menyelam dalam waktu yang lama dan punya kehidupan di dasar laut membuatnya mirip dengan Aquaman.

Bukan Fiktif, Ternyata Aquaman Ada di Indonesia Loh

Konten.co.id – Siapa yang pernah nonton Aquaman? Tokoh fiktif dari DC yang dikisahkan berasal dari Atlantis ini ternyata ada di Indonesia.

Suku Bajau yang disebut-sebut sebagai Aquaman asal Indonesia. Dikatakan mirip seperti Aquaman, bukan karena suku ini berbadan besar dan berotot seperti Jason Momoa sang aktor pemeran tokoh tersebut. Melainkan karena kehidupannya yang dekat dengan laut dan keahliannya dalam menyelam.

Suku Bajau dikenal sebagai ‘manusia laut’ atau ‘manusia ikan’, karena kehidupannya yang sangat bergantung dengan laut. Suku Bajau hidup secara nomaden di sekitar perairan Indonesia, yakni di pesisir Pulau Sulawesi dan Kalimantan.

Dilansir dari National Geographic, masyarakat Bajau bisa bertahan di dalam air hingga 13 menit dengan kedalaman yang cukup ekstrem, yakni sekitar 60 hingga 80 meter. Kemampuan Suku Bajau untuk berenang dalam waktu lama tanpa bantuan alat pernapasan dan alat selam modern pun membuat para ilmuwan bingung sekaligus kagum.

Tim ilmuwan dari Copenhagen University Melissa Illandro melakukan sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Cell. Penelitian tersebut menjelaskan bahwa orang Bajau memiliki ukuran limpa yang lebih besar daripada ukuran normal yang dimiliki manusia pada umumnya, sehingga mereka mampu untuk menahan nafas cukup lama di dalam air. Limpa adalah organ tubuh yang berfungsi sebagai “tabung oksigen” untuk darah manusia.

Hal ini membuat warga di suku tersebut terbiasa dengan kebiasaan menyelam. Media asal Prancis pun telah membuktikan kehebatans suku Bajau.

Media tersebut membandingkan kemampuan menyelam warga suku Bajau dengan penyelam profesional asal Swedia. Mereka menyelam ke dasar laut. Ternyata warga suku Bajau lah pemenangnya.

Sejumlah sumber menyebutkan bahwa mengembara lautan sudah menjadi tradisi Suku Bajau. Sejak 1.000 tahun lalu, mereka sudah mengarungi sebagian besar lautan Asia Selatan. Untuk bertahan hidup, orang Bajau menyelam di perairan bebas sembari berbekal tombak sederhana.

Seiring berjalannya waktu, pengembaraan Suku Bajau membawa mereka ke perairan Indonesia. Banyak yang kemudian mendirikan perkampungan laut di sekitar pulau-pulau di Tanah Air. Beberapa di antaranya terdapat di Sulawesi. Namun sejumlah sumber menyebutkan suku ini juga bisa ditemui di kawasan Malaysia dan Filipina. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *