Kenali 5 Salad Khas Indonesia untuk Makan Siang Anda

Kenali 5 Salad Khas Indonesia untuk Makan Siang Anda

5 Salad khas Indonesia bisa jadi pilihan makan siang anda.

Makan Siang Anda Penuh Gizi dengan 5 Salad Khas Indonesia

Konten.co.id – Siapa yang tidak suka salad? Hidangan yang terbuat dari bahan-bahan seperti sayuran hijau segar, buah, daging, unggas dan ikan ini sangat disukai.

Namun siapa sangka jika di Indonesia sendiri ada beragam salad yang tak kalah lezat dan menyehatkan dari salad ala western food atau makanan barat. Berikut konten.co.id berikan 5 salad khas Indonesia yang bsia jadi pilihan makan siang anda.

1. Pecel

Pecel adalah makanan khas dari Jawa Timur dan Jawa Tengah. Perpaduan daun singkong rebus, kecambah, kacang panjang, bunga turi, bayam dan bumbu kacang yang dicampur dengan kemangi dan rempeyek kacang jadi pilihan terlezat bagi anda yang ingin santap siang.

2. Karedok

Tak sulit untuk membedakan karedok dari salad khas Indonesia lainnya. Ya, makanan khas Sunda ini memiliki ciri khas pada bahan-bahan yang disajikan mentah alias tanpa dimasak.

Biasanya karedok terdiri dari campuran sayur kacang panjang, mentimun, tauge, kol, dan terong hijau. Meskipun karedok ini sama-sama menggunakan saus kacang sebagai dressing, namun bumbu karedok terasa lebih menyegarkan karena campuran kencur yang khas.

3. Lotek

Lotek amat mirip dengan karedok. Namun bedanya, isian lotek sudah dimasak terlebih dahulu. Kuliner khas dari Jawa Barat ini terdiri dari bayam rebus, tomat, timun, tauge rebus, tahu goreng, tempe goreng dan lain-lainnya lalu dicampur dengan ulekan bumbu kacang.

Persamaan karedok dengan lotek ialah penggunaan kencur pada bumbu kacangnya. Siapa diantara Anda yang pernah mencicipinya?

4. Gado – Gado

Makanan kahs Betawi ini terdiri dari campuran sayur yang direbus seperti kangkung, bayam, labu siam dan kol, lalu ditambah tahu dan tempe goreng serta kentang rebus, dan telur rebus.

Kemudian, campuran bahan tersebut dicampur dan disiram dengan saus kacang, gula merah, cabai, garam, air asam jawa, terasi, dan cabai. Dari segi tampilan, gado-gado memang terlihat lebih ‘ramai’ karena banyaknya bahan yang digunakan pada menu ini.

5. Rujak Cingur

Rujak cingur merupakan salad khas Indonesia yang paling mudah dibedakan diantara menu salad khas Indonesia yang lain. Pasalnya, isian rujak cingur amat beragam, mulai dari buah-buahan, sayuran matang, dan tentu saja potongan cingur atau mulut sapi. Kuliner ini merupakan salah satu menu khas dari Jawa Timur.

Nah buat anda yang ingin makanan yang lebih sehat dan bergizi bisa deh pilih salad khas Indonesia. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *