Kemarau Panjang Buat Hutan di Gunung Papandayan Terbakar

Kemarau Panjang Buat Hutan di Gunung Papandayan Terbakar

Gunung Papandayan baru peertama kalinya terbakar. Sementara gunung Guntur sudah dua kali terbakar.

Hutan di Gunung Papandayan Terbakar Karena Kemarau Panjang

Konten.co.id – Kebakaran hutan melanda kawasan Gunung Papandayan, Minggu (6/10/2019). Lahan yang terbakar berada di sekitar pos tiket taman wisata alam Papandayan.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Tubagus Agus Sofyan menuturkan, kebakaran di Papandayan terjadi sejak Minggu (6/10/2019) sejak pukul 13.00. Api baru bisa dipadamkan pada Senin (7/10/2019) pukul 00.30 WIB.

Sementara luas lahan yang terbakar sekitar sembilan sampai 13 hektare. Pemadaman dilakukan dengan cara manual dan dibantu petugas pemadam kebakaran.

Sementara penyebab kebakaran kemungkinan karena faktor kemarau panjang. “Biasanya terjadi gesekan dari daun-daun kering,” katanya.

Selama musim kemarau, Gunung Papandayan baru pertama kali terbakar. BPBD Garut mencatat hutan di Gunung Guntur jadi lokasi yang sering terbakar. Sudah lebih dari dua kali lahan di Gunung Guntur mengalami kebakaran.

Namun demikian, meski kebakaran tersebut berada di dekat area Taman Wisata Alam (TWA) Papandayan, api disebut tak menganggu aktivitas wisata.

Direktur Utama (Dirut) PT Astri Indah Lestari (AIL), Tri Persada selaku pengelola TWA Papandayan menyebut kebakaran hutan tak berdampak ke area wisata. Meski lokasinya berdekatan dengan pintu masuk TWA.

“Kebakaran terjadi di daerah CA. Jadi tidak menganggu kawasan wisata,” ujar Tri saat dihubungi, Senin (7/10/2019).

Pihaknya pun menurunkan personel untuk membantu pemadaman. Api pun kini sudah dipadamkan dan situasinya sudah aman terkendali.

“Kami ikut dalam membantu memadamkannya. Semua personel diturunkan biar cepat padam. Yang jelas tidak ganggu area wisata,” katanya. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *