Kekurangan Kelas, Siswa SD di Lebak Belajar di Lantai Madrasah

Kekurangan Kelas, Siswa SD di Lebak Belajar di Lantai Madrasah

Siswa SDN 2 Pasir Kupa, Lebak, Banten belajar di lantai karena siswa banyak tapi kelasnya kurang.

Siswa SD di Lebak Belajar di Lantai Madrasah Karena Kekurangan Kelas

Konten.co.id – Sebanyak 68 siswa Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Pasir Kupa, Kalanganya, Lebak, Banten harus mengalami kenyataan pahit. Mereka terpaksa harus menumpang bersekolah di Madrasah Diniyah dengan duduk dan belajar di lantai.

Kepala Sekolah SDN 2 Pasir Kupa Huryati mengatakan 68 siswa tersebut berasal dari 4 kelas, yaitu kelas empat a, b, c dan kelas tiga a.

“Bukan kebanyakan murid tapi situasi dan kondisinya kampung Legok itu banyak penduduknya kan,” kata Huryati, Kamis (31/10/2019).

Dikatakannya SDN 2 Pasir Kupa memiliki siswa sebanyak 324 murid, namun hanya memiliki 6 ruang kelas belajar.

Sementara idealnya untuk kegiatan belajar mengajar di sekolah itu membutuhkan 13 ruang kelas. Huryati menuturkan, kondisi kekurangan ruang kelas ini sudah terjadi puluhan tahun lalu. Namun untuk siswa belajar di lantai baru berlangsung selama delapan tahun.

“Kita numpang di madrasah tiga lokal. Karena Yayasan pribadi salah satu tokoh masyarakat jadi tidak lengkap (tidak ada fasilitas belajar) dan sudah rusak-rusak,” katanya.

Huryati mengaku, pihak sekolah pernah beberapa kali menyampaikan kondisi miris tersebut kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak. Namun tidak ada respon.

“Sudah kepala sekolah yang lama, ibu kan baru sebulan dan DPR sudah datang ke sini. Cuma sampai saat ini enggak ada perubahan,” katanya.

Dia berharap, pemerintah daerah maupun pemerintah pusat dapat memperhatikan dan segera mencari solusi terhadap permasalahan tersebut agar siswa dapat nyaman belajar.

“Supaya anak-anak belajar nyaman itu saja sih. Ibu mah minta tambah lokal (bangunan) sama lapangan upacara karena kegiatan upacara masuk jam belajar tapi tidak ada (upacara),” tandas Huryati (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *