Hore! 10 Ribu Anak di Bantul Dapat Kartu Identitas

Hore! 10 Ribu Anak di Bantul Dapat Kartu Identitas

10 ribu anak usia dini di Kabupaten Bantul mendapatkan KIA agar bisa didata oleh negara.

10 Ribu Anak di Bantul Terdata Lewat Kartu Identitas

Konten.co.id – Sebanyak 10 ribu anak usia dini di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta baru saja mendapat Kartu Identitas Anak (KIA).

“KIA diserahkan kepada 10.000 anak usia dini di Kabupaten Bantul, tentu ini target kita yang luar biasa,” kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bantul Isdarmoko pada acara penyerahan KIA kepada anak usia dini di Bantul, Selasa (15/10/2019).

Dikatakannya, pemberian KIA ini sesuai Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (HI) yang menyebutkan bahwa layanan PAUD holistik integratif merupakan upaya pengembangan anak usia dini untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis, dan terintegrasi.

“Sejalan dengan salah satu visi misi Bupati Bantul yaitu menuju Bantul yang sejahtera layanan PAUD Holistik Integratif yaitu layanan kesejahteraan untuk segera dipenuhi, layanan kesejahteraan yang dituju adalah membantu keluarga yang anaknya belum memiliki akte kelahiran dan KIA,” katanya.

KIA sendiri wajib dimiliki oleh setiap anak sebelum memiliki KTP dengan tujuan meningkatkan pendataan, perlindungan, dan pelayanan publik bagi anak. Selain itu, sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

KIA juga digunakan untuk mengurus suatu dokumen kependudukan atau urusan lainnya seperti pendidikan. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *