Hati-Hati, Puluhan Aplikasi Adware Berbahaya Ada di Google Play

Hati-Hati, Puluhan Aplikasi Adware Berbahaya Ada di Google Play

Ada 42 aplikasi yang mengandung adware yang berbahaya bagi handphone anda.

ESET Temukan Puluhan Aplikasi Adware Berbahaya di Goggle Play

Konten.co.id – Peneliti ESET temukan 42 aplikasi yang mengandung adware atau berbahaya.
Peneliti ESET Dilihat dari cuitan @PoliTwika aplikasi tersebut akan membombardir gadgetmu dengan berbagai iklan.

“Jika kalian pernah unduh salah satu aplikasi ini, mimin saranin copot segera. Karena menurut peneliti keamanan ESET, daftar aplikasi ini merupakan Adware jahat yang bakal membombardir kalian dengan iklan. Jadi, hapus segera dari gadget kalian!”

Dilansir dari laman Techcrunch, Para peneliti keamanan memperingatkan kalau aplikasi berbahaya tersebut meniru Facebook dan aplikasi Google untuk menghindari kecurigaan. Aplikasi itu juga menghapus ikon cara pintas mereka sendiri, untuk membuatnya lebih sulit untuk dihapus.

Peneliti keamanan ESET, Lukas Stefanko, mengatakan, semua aplikasi bermasalah yang mereka analisis memiliki fungsi adware yang sama.

Aplikasi bermasalah tersebut akan memeriksa apakah perangkat yang terpengaruh terhubung ke server Google, dan jika sedang diuji oleh mekanisme keamanan Google Play untuk mendeteksi aplikasi berbahaya, muatan adware tidak akan dipicu.

Diketahui beberapa aplikasi telah mencapai 500.000 hingga lebih dari 5 juta unduhan sejak dipublikasikan ke toko aplikasi Android pada Juli 2018.

Pihak ESET menduga, mahasiswa Vietnam kemungkinan berada di belakang penyebaran adware tersebut, namun tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Seorang juru bicara Google mengatakan, aplikasi yang mengandung adware berbahaya telah dihapus. Namun, kalangan peneliti memperingatkan bahwa aplikasi tersebut masih tersedia dari toko aplikasi pihak ketiga. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *