Cara Membuat Alarm Sederhana dengan Barang Bekas di Rumah

Cara Membuat Alarm Sederhana dengan Barang Bekas di Rumah

Mau buat alarm sederhana, mudah dan murah dengan barang bekas di rumah anda.

Alarm Sederhana Mudah Dibuat dengan Barang Bekas di Rumah, Ini Caranya

Konten.co.id – Buat anda yang sering meninggalkan rumah pasti akan takut dengan keamanan di tempat tinggal anda. Jangan khawatir kini anda bisa kok membuat alarm sederhana dengan barang bekas di rumah anda.

Untuk membuat alarm pintu ini sangat mudah. Anda hanya butuh jepitan jemuran, buzzer bekas jam waker, dan kabel biasa.

Karena sumber suara yang dihasilkan dari buzzer bekas jam waker, jadi suara yang dihasilkan akan nyaring dan terdengar dari jarak jauh.

Ini cara membuat alarm sederhana berikut ini.

  • Pertama siapkan bahan seperti bekas kartu perdana, jepitan baju, baterai dan tempatnya, kabel serta buzzer bekas jam waker.
  • Kupas kabel agak memanjang yang akan digunakan untuk konektor penghubung atau pemicu bunyi. Ikat kabel pada jepitan jemuran.
  • Pastikan ketika jepitan baju dalam keadaan menjepit, kedua kabel bersentuhan.
  • Solder kabel pada buzzer dan rangkaikan pula pada baterai.
  • Potong bekas kartu perdana dengan potongan kecil.
  • Dua buah potongan bekas kartu masing-masing digunakan untuk penghambat pada jepitan baju, sementara yang satunya digunakan untuk di tempel pada pintu.
  • Sekarang tinggal kita tempelkan alarm pintu sederhana ini pada pintu dan bekas kartu perdana tadi ditempelkan pada tembok atau dinding yang berseberangan.

Ketika pintu dibuka, maka bekas kartu perdana yang dijadikan penghambat akan tertarik dan kabel pemicu akan bersentuhan. Lalu suara aralm akan berbunyi

Ternyata mudah ya membuat alarm dari barang sederhana dan mudah ditemukan di sekitar kita. Nah sekarang anda bisa mempraktekannya dirumah. Selamat mencoba. (*)

Penulis : AIK

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *