BKN Izinkan UAS Berhenti Dari PNS di UIN Riau

BKN Izinkan UAS Berhenti Dari PNS di UIN Riau

UAS berhenti dari PNS karena ingin fokus berdakwah.

UAS Mengundurkan Diri Dari PNS UIN Riau Karena Fokus Berdakwah, Ini Kata BKN

Konten.co.id – Ustaz Abdul Somad (UAS) dikabarkan berhenti dari jabatannya sebagai pengajar sekaligus Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim, Riau. UAS mengundurkan diri karena terkendala kesibukan dalam berdakwah.

Menanggapi hal itu Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan, PNS bisa saja mengundurkan diri dari jabatannya.

Terkait pengunduran diri dari PNS, lanjutnya, tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2011 tentang Manajemen PNS dalam BAB VIII tentang Pemberhentian. Pasal 238 tentang pemberhentian atas permintaan sendiri, menjelaskan tiga aturan utama mengenai hal ini.

Pertama, PNS yang mengajukan permintaan berhenti, diberhentikan dengan hormat sebagai PNS. Namun pada poin kedua, permintaan berhenti dapat ditunda untuk paling lama satu tahun, apabila PNS yang bersangkutan masih diperlukan untuk kepentingan dinas.

Pada aturan ketiga, disebutkan permintaan berhenti tersebut dalam ditolak atas enam alasan, yaitu: pertama, sedang dalam proses peradilan karena diduga melakukan tindak pidana kejahatan; kedua, terikat kewajiban bekerja pada instansi pemerintah berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan; ketiga, dalam pemeriksaan pejabat yang berwenang memeriksa karena diduga melakukan pelanggaran disiplin PNS.

Keempat yaitu sedang mengajukan upaya banding administratif karena dijatuhi hukuman disiplin berupa pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS; kelima,. sedang menjalani hukuman disiplin; dan kelima, alasan lain menurut pertimbangan PPK (Pejabat Pembina Kepegawaian).

“Tidak masalah asal penuhi ketentuan yang ada di dalam PP tersebut,” katanya, Rabu (16/10/2019).

Namun, pihaknya saat ini tengah meminta informasi lebih lanjut terkait pengunduran diri UAS ke pihak Kementerian Agama yang membawahi UIN Sultan Syarif Kasim. “Saya tidak tahu detailnya, bisa ditanyakan ke Kemenag, agar tidak salah informasi detil,” katanya.

Sebelumnya, Universitas Gadjah Mada (UGM) menolak kuliah umum yang menghadirkan penceramah Abdul Somad. Pihak UGM meminta acara yang sedianya digelar di masjid kampus itu dibatalkan.

“Berkaitan dengan acara yang rencananya akan diselenggarakan tanggal 12 Oktober 2019, pimpinan universitas meminta agar acara tersebut dibatalkan,” ujar Kepala Bagian Humas dan Protokoler UGM Iva Ariani, Rabu (9/10/2019). (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *