Berlibur ke Kebumen, Coba 5 Makanan Khas Ini

Berlibur ke Kebumen, Coba 5 Makanan Khas Ini

Kebumen punya makanan khas yang buat anda tertarik dan dijamin ngiler.

5 Makanan Khas Kebumen yang Bikin Ngiler

Konten.co.id – Kebumen termasuk salah satu kota yang indah untuk anda datangi. Karena menjadi salah satu jalur bagi anda yang melewati jalur selatan untuk pulang kampung, kota yang terkenal dengan bahasa Ngapaknya ini punya segudang kuliner yang buat anda ngiler.

Berikut 5 daftar makanan khas dari kota Kebumen yang harus anda coba.

1. Sate Ambal

Sate Ambal (limakaki)

Siapa yang tidak mengenal makanan yang satu ini. Sate sudah sangat populer dari ujung pulau Aceh hingga Merauke. Tak kalah dengan daerah lain, Kebumen juga memiliki sate yang khas.

Sate ambal dari Kebumen ini sudah melegenda. Sate yang diberi nama sesuai nama daerahnya, yakni Desa Ambalresmi ini memiliki cita rasa yang berbeda. Sepintas, sate ini mirip dengan sate Madura. Namun, bumbu yang digunakan sangat berbeda.

Bumbu sate ini bukan dari kacang tanah, tapi dari tempe. Racikan bumbu yang unik ini menjadi ciri khas Sate Ambal dari Kebumen. Selain itu, daging sate juga dipanggang terlebih dahulu sebelum dibakar. Sehingga dagingnya lebih empuk dibanding sate lainnya.

2. Nasi Penggel

Nasi Penggel (travelingyuk)

Sudah pasti makanan ini berbahan dasar nasi. Nasi penggel ini sejatinya adalah nasi putih biasa yang disajikan dengan berbagai sayuran rebus.

Nasi penggel ini mirip dengan nasi campur yang dibungkus daun pisang. Yang unik dari hidangan ini adalah bentuk nasi yang bulat. Sebelum dibungkus dengan daun, nasi ini dikepal terlebih dahulu.

Dalam bahasa Jawa, teknik mengepal nasi hingga bulat ini disebut dengan penggel. Sehingga makanan ini dinamakan nasi penggel.

3. Yutuk Goreng

Yutuk Goreng (google)

Yutuk goreng merupakan salah satu camilan khas Kebumen. Makanan ini diolah dari bahan dasar hewan laut yang disebut Yutuk. Daerah Kebumen memiliki banyak pantai yang indah dan sebagian besar hidup sebagai nelayan.

Makanan yang satu ini mirip dengan bakwan udang. Yutuk merupakan hewan kecil yang memiliki cangkang. Sekilas, Yutuk mirip dengan binatang undur-undur.

Yutuk goreng ini biasanya disajikan bersama nasi pecel. Rasa gurihnya menambah nikmat hidangan yang kita santap. Makanan ini tidak dapat ditemukan di tempat lain selain di Kebumen. Jadi, sangat wajib mencicipi yutuk goreng ketika berkunjung ke Kebumen.

4. Lanting

Lanting (google)

Lanting merupakan salah satu camilan khas Kebumen. Lanting biasanya digunakan sebagai oleh-oleh karena makanan ini tahan lama. Panganan ringan ini bisa menjadi favorit keluarga.

Rasa renyah dan gurih dari lanting ini memang sangat khas. Lanting biasanya terbuat dari olahan singkong yang kemudian dijemur dan digoreng. Rasa khas singkong ini membuat lanting cocok sebagai camilan.

Sekarang pun lanting sudah memiliki beragam varian rasa. Tak hanya rasa singkong gurih saja, namun lanting pedas juga tersedia.

5. Soto Tamanwinangun

Soto Tamanwinangun (google)

Soto tamanwinangun merupakan salah satu soto khas Kebumen. Soto ini sangat berbeda dari soto yang ada di Indonesia.

Hidangan soto memang sangat identik dengan Indonesia. Hampir tiap daerah di Indonesia memiliki racikan soto yang khas dan berbeda. Baik dari segi bumbu maupun isian soto.

Yang satu ini juga unik, soto tamanwinangun Kebumen. Soto ini diolah bukan dari daging ayam atau sapi melainkan dari daging itik. Kuah soto ini juga lebih gurih ditambah dengan daging itik suwir yang tebal.

Makanan khas Kebumen tersebut menjadi salah satu daya tarik dari kota Kebumen. Jadi, wisata di Kebumen tidak hanya ada wisata alam, namun juga wisata kuliner yang tak kalah nikmat. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *