Amgen Kembangkan Teknologi AI untuk Prediksi Penyakit Berat

Amgen Kembangkan Teknologi AI untuk Prediksi Penyakit Berat

Amgen kembangkan teknologi AI untuk memprediksi penyakit berat.

Teknologi AI Amgen Dikembangkan untuk Prediksi Penyakit Berat

Konten.co.id – Kita sering mendengar Kecerdasan buatan (AI) dengan kumpulan data dan teknologi yang berkembang pesat mengubah layanan kesehatan menjadi ilmu yang mampu mencegah penyakit dan memperpanjang usia.

Hal ini akan berkembang dalam jangka panjang.Sementara itu, manusia akan terus bertambah umur. Seiring bertambahnya usia, kita lebih rentan terhadap penyakit serius seperti penyakit kardiovaskular, kanker, penyakit paru-paru, dan Alzheimer, yang membunuh.

Amgen mengembangkan AI untuk penyelamatan hidup bagi pasien yang hidup dengan penyakit ini. “Ketika mengelola penyakit serius, diagnosis yang benar harus ada untuk perawatan yang baik,” ucap Patrck Dey Wakil Presiden Kesehatan dan Inovasi Digital di Amgen.

Pihaknya menerapkan pembelajaran mesin untuk membantu memprediksi risiko penyakit serius tertentu sebelum penyakit tersebut bertambah besar. Pihaknya pun bermitra dengan penelitian medis dan startup ilmu data untuk mengembangkan algoritme prediktif.

Familial hypercholesterolemia (FH) adalah suatu kondisi genetik yang menyebabkan tingginya kadar kolesterol lipoprotein densitas rendah yang dimulai sejak lahir, yang berpotensi membuat penuaan dini.

Dari data FH diperkirakan 90 persen dari 250 orang dengan kondisi tersebut belum didiagnosis dengan baik dan kurang teratasi.

Orang dengan FH tidak dirawat berisiko 20 kali lebih besar mengalami serangan jantung dini. Delapan puluh lima persen pria dengan FH akan mengalami serangan jantung pada usia 60, beberapa di antaranya pada usia 40-an.

Sementara wanita dengan FH memiliki risiko yang sama, dengan serangan jantung yang menyerang sejak usia 50.

Menyadari kebutuhan diagnostik yang tinggi dan tidak terpenuhi ini untuk pasien dan keluarga, Amgen mengembangkan FH Score, alat dukungan diagnostik klinis online untuk penyedia layanan kesehatan yang memanfaatkan kriteria Dutch Lipid Clinic Network, standar diagnostik klinis untuk FH.

Saat ini digunakan di 11 negara, Skor FH membantu mengidentifikasi pasien yang berisiko FH sebelum kardiovaskular seperti serangan jantung.

Untuk pasien dengan penyakit kronis, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengidentifikasi kepatuhan pengobatan sebagai hal penting untuk meningkatkan hasil.

Menurut meta-analisis baru-baru ini, ketidakpatuhan terhadap pengobatan penyakit kronis menyumbang sekitar $ 290 miliar pengeluaran kesehatan di Amerika Serikat.

Amgent mengembangkan AI untuk melayani pasien di tempat mereka saat minum obat di rumah dengan sistem pengingat yang sederhana dan ramah pengguna.

Pasien yang meresepkan obat yang dapat disuntik sendiri yang dikembangkan dari sel hidup harus menyimpan obat-obatan mereka di lemari es.

“Dengan pemikiran ini, kami menciptakan perangkat yang dipasang di lemari es yang menyediakan pengingat cerdas berdasarkan sensor jarak, yang dirancang khusus untuk biologik ini,” terangnya.

Hasil awal menunjukkan bahwa sebagian besar pasien merasa alat ini mudah digunakan, mencatat bahwa itu cocok dengan kehidupan sehari-hari mereka.

“Amgen berupaya mewujudkan misi untuk melayani pasien dalam mewujudkan pendekatan abad ke-21 untuk mengobati penyakit serius dan diberi energi oleh pekerjaan yang masih harus dilakukan dalam membawa aplikasi AI ke perawatan kesehatan modern,” tukasnya. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *