Alami Trauma Pascakerusuhan Wamena, 18 Pengungsi Pulang ke Garut

Alami Trauma Pascakerusuhan Wamena, 18 Pengungsi Pulang ke Garut

18 warga asal Garut baru saja tiba di kota Intan pascakerusuhan di Wamena.

18 Pengungsi Pulang ke Garut Karena Trauma Pascakerusuhan di Wamena

Konten.co.id – Sebanyak 18 warga asal Garut yang sempat menjadi pengungsi di Papua tibda di kantor Bupati Garut, Rabu (9/10/2019) pukul 23.00 WIB. Ke 18 orang itu langsung menjalani pemeriksaan kesehatan.

Kedatangan warga Garut yang merantau itu disambut Wakil Bupati Garut Helmi Budiman, Kapolres Garut AKBP Dede Yudy Ferdiansah, dan Dandim 0611 Garut Letkol Inf Erwin Agung.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengaku pihaknya akan memberikan penanganan trauma kepada 18 warga Garut yang baru tiba dari Papua.

“Psikisnya raut muka ada gambaran-gambaran yang sedih. Nanti dari Dinsos siapkan tim tangani itu (trauma),” ujar Helmi saat menyambut kedatangan warga Garut di Kantor Bupati Garut, Rabu (9/10/2019).

Namun demikian, warga yang datang juga gembira karena bisa kembali pulang. Mereka yang merantau ke Papua, menjalani berbagai macam profesi.

“Ke 18 warga ini berasal dari lima kecamatan. Setelah diperiksa kesehatan, mereka akan diantar pulang oleh para camat,” katanya.

Kepulangan ke 18 warga itu, lanjutnya, akan membuat keluarga lebih tenang. Selama dua minggu, banyak keluarga yang khawatir dengan kondisi di Papua.

Terkait jumlah warga Garut yang merantau ke Papua, Helmi menyebut belum bisa dipastikan. Pihaknya masih melakukan pendataan untuk mengetahui jumlah pastinya.

Sementara itu Ade Toto (60), mengaku cukup lelah setelah dua minggu tinggal di pengungsian. Warga Kampung Jungsereh, Desa Cintadamai, Kecamatan Sukaresmi ini mengaku merantau ke Papua sejak tahun 2000.

Ia menyebut jika warga Wamena sebenarnya sangat baik ke pendatang. Namun karena ulah sejumlah oknum, pendatang jadi sasaran.

“Saya baru dua bulan lalu berangkat lagi ke Papua. Mungkin sudah jalannya pulang dulu,” katanya.

Meski trauma ia mengaku akan kembali ke Wamena jika keadaan sudah aman untuk menjual wallpaper lagi. (*)

Penulis : Kusuma

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *