9 Manfaat Jengkol yang Patut Anda Ketahui

9 Manfaat Jengkol yang Patut Anda Ketahui

Meski jengkol bau dan tidak enak tapi ada manfaatnya yang baik bagi tubuh.

Jengkol Bau dan Tidak enak? Ini 9 Manfaatnya yang Patut Anda Ketahui

Konten.co.id – Jengkol adalah makan favorit masyarakat Indonesia. Baunya yang menyengat serta rasanya yang khas banyak yang tidak suka.

Namun dibalik itu semua ternyata jengkol punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Dalam buah jengkol banyak mengandung sumber vitamin, karbohidrat, protein fosfor, kalsium, alkaloid, minyak atsiri, glikosida, tanin, dan saponin serta dapat mengatasi beberapa masalah penyakit di dalam tubuh kita.

Di bawah ini antara lain beberapa manfaat jengkol bagi kesehatan Anda.

1. Kaya Vitamin

Di balik bau yang ditimbulkan dari jengkol tersebut, ternyata menurut berbagai penelitian kesehatan menunjukkan bahwa jengkol juga kaya akan vitamin. Di antaranya vitamin A, B, B2, dan C. Vitamin C juga berperan sebagai zat antioksidan, yang di kenal ampuh dapat menangkal zat-zat radikal bebas penyebab penyakit kanker.

2. Mengatasi Penyakit Jantung Koroner

Mungkin sebagian orang, pernah mengalami penyakit jantung koroner. Tetapi Anda jangan khawatir untuk mengatasinya. Dengan Anda mengkonsumsi jengkol secara rutin penyakit jantung koroner ini dapat teratasi.

3. Mencegah Penyakit Diabetes

Selain dapat mengatasi penyakit jantung koroner, jengkol pun ternyata ampuh mencegah penyakit diabetes. Karena, di dalam buah jengkol terdapat zat yang tidak di temukan pada bahan-bahan makanan lainnya. Dan zat tersebut dinamakan zat asam jengkolat.

4. Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Manfaat lainnya yaitu sebagai pertumbuhan tulang dan gigi. Pertumbuhan tulang dan Gigi dapat berjalan dengan optimal berkat kandungan kalsium dan pospor yang tinggi pada buah jengkol.

5. Mengontrol Kadar Gula Darah

Jengkol dapat mengontrol kandungan darah di dalam tubuh kita. Sehingga sangat baik untuk di konsumsi oleh anda para penderita diabetes. Jengkol mengandung zat gula yang ‘bersahabat’ dengan para penderita diabetes. Zat gula pada jengkol merupakan zat gula yang paling mudah di urai sehingga aman untuk penderita diabetes.

6. Pembentukan Jaringan Tubuh

Kandungan protein yang tinggi pada jengkol dapat membantu pembentukan jaringan dalam tubuh. Kandungan protein pada jengkol ternyata jauh lebih banyak bila di bandingkan dengan kacang hijau dan kacang kedelai.

7. Mencegah Anemia

Jengkol juga kaya akan zat besi, di mana zat besi ini berperan untuk mencegah dan mengatasi kurangnya produksi sel-sel darah merah di dalam tubuh kita. Dengan anda mengkonsumsi jengkol secara rutin, hal ini dapat mencegah terjadinya anemia.

8. Merampingkan Perut

Perlu kita ketahui ternyata, jengkol juga dapat membantu merampingkan perut yang buncit. Kandungan seratnya yang tinggi dapat melancarkan buang air besar (BAB). Sehingga secara tidak langsung membuat perut langsing.

9. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat yang terakhir yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. Seperti yang sudah dijelaskan di atas jengkol mengandung zat antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh demikian juga dengan kesehatan jantung. Toksin (racun) dalam tubuh akan sulit masuk dalam tubuh. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *