7 Kuliner Malaysia yang Mirip dengan Indonesia

7 Kuliner Malaysia yang Mirip dengan Indonesia

Wah Ternyata Ada 5 Kuliner Malaysia yang Mirip dengan Indonesia.

Wah Ternyata Ada 5 Kuliner Malaysia yang Mirip dengan Indonesia

Konten.co.id – Indonesia dan Malaysia punya banyak kemiripan, mulai dari bahasa, kultur, hingga kuliner.

Mau tahu apa saja kuliner Malaysia yang mirip dengan Indonesia? Berikut Konten.co.id beri tahu ;

1. Nasi kerabu

Nasi kerabu (youtube)

Nasi kerabu khas Malaysia sekilas mirip dengan nasi pecel khas Indonesia, yakni terdiri dari nasi, sayur taoge, ayam goreng, telur rebus, dan disajikan dengan sambal. Bedanya, nasi kerabu menggunakan nasi berwarna biru yang biasanya didapat dari kelopak bunga kembang telang. Sedangkan nasi pecel menggunakan nasi putih biasa

2. Pasembur

Pasembur (SBS)

Pasembur merupakan salah satu kuliner khas Penang. Makanan ini berisi potongan tahu, kentang, mentimun, taoge rebus, udang goreng, serta cumi-cumi yang disiram saus kacang manis gurih di atasnya.

Iya tepat, makanan ini mirip sekali dengan gado-gadonya Jakarta.

3. Apam balik dan martabak manis

Apam balik (craftlog)

Apam Balik adalah sejenis pancake tradisional di Malaysia berisi taburan gula dan kacang. Kalau di Indonesia, makanan serupa disebut martabak manis atau terang bulan.

Layaknya martabak, Apam Balik juga punya versi kekinian dengan taburan topping yang bervariasi.

4. Nasi lemak

Nasi lemak (wikipedia)

Nasi lemak diolah mengunakan santan dengan lauk beragam, seperti ayam goreng, kacang, sambal teri, dan telur dadar suwir. Hampir mirip dengan nasi uduk

5. Kek Lapis Sarawak

Kek Lapis Sarawak (keeprecipes)

Kue khas Malaysia bernama kek lapis Sarawak biasanya berwarna-warni dengan rasa yang beragam.

Tidak cuma dari warna, bentuk lapisannya pun tak berupa garis horizontal saja, tetapi memiliki beragam corak seperti lingkaran bahkan bentuk hati. YA hampir mirip dengan lapis legit khas Surabaya lah

6. Nasi Kandar

Nasi Kandar (tfanews)

Bisa dibilang nasi kandar adalah nasi Padangnya Malaysia. Di sana, nasi kandar juga ditata bergaya prasmanan seperti di rumah makan Padang pada umumnya.

Lauk yang tersedia pun hampir mirip. Seperti ayam pop, sambal hijau, rendang, cumi-cumi, dan lain sebagainya. Gerai nasi kandar sangat populer di Malaysia dan biasanya buka 24 jam.

7. Rendang

Rendang (travistory)

Walau namanya sama-sama rendang, ternyata cara pembuatan sajian tardisional di kedua negara ini sedikit berbeda. Untuk mengentalkan saus, biasanya orang Malaysia menggunakan kerisik, yaitu sejenis kelapa parut sangrai.

Sedangkan di Indonesia, orang-orang akan memasak daging dalam waktu lama hingga kuah rendang berubah pekat dan berwarna kehitaman. Selain daging sapi, ada juga rendang daging ayam di Malaysia. (*)

Penulis : Kusuma

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *