20 Board Game Indonesia Ikut Pameran Dunia

20 Board Game Indonesia Ikut Pameran Dunia

Sebanyak 20 board game anak Indonesia berhasil masuk dalam pameran dunia.

Wow, 20 Board Game Anak Indonesia Ikut Pameran Dunia

Konten.co.id – Sebanyak 20 judul board game Indonesia diperkenalkan ke pameran SPIEL 2019. Pameran tersebut salah satu pameran permainan terbesar di dunia yang digelar di Essen, Jerman sejak tanggal 24-27 Oktober 2019.

Ketua Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia (APIBGI), Andre Dubari menyampaikan, ajang ini digunakan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF)untuk emmbantu menyaring permainan yang bisa mendapat lisensi dari penerbit besar dunia menjadi lebih besar dan menunjukkan keseriusan Indonesia dalam industri ini.

Andre mencontohkan board game berjudul Timun Mas akan diterbitkan oleh penerbit Blue Orange asal Prancis di tahun 2020 di 26 negara.

“Bayangkan, permainan yang terinspirasi dari cerita rakyat Indonesia akan dimainkan oleh anak-anak di seluruh dunia hingga mereka tahu bahwa Timun Mas itu cerita dari Indonesia. Selain itu, board game asal Indonesia dinilai eksotis karena cerita yang diangkat biasanya terinspirasi dari budaya dan cerita asli tanah air,” ujar Andre.

Stephan Sonny Pegiat board game dari Indonesia yang berdomisili di Jerman mengatakan kalau Indonesia menjadi salah satu negara yang bisa ikut bersaing dalam dunia board game.

“Board game asal Indonesia itu bersaing, namun ada beberapa hal yang harus dibenahi dan diperhatikan bila ingin produknya dimainkan oleh pasar yang lebih besar. Antara lain, ikuti tren yang ada, kenali keinginan dan lokasi pasar, apakah pasar Eropa atau Amerika yang akan lebih menguntungkan untuk jenis-jenis board game kita dan perbaiki komponen pendukung permainan,” ujar Stephan yang juga Co-founder meepleeksyen.com. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *