Warga Hong Kong Tinggal di Rumah Kandang

Warga Hong Kong Tinggal di Rumah Kandang

Warga Hong Kong pilih tinggal di Rumah Kandang karena tingginya harga rumah di kota tersebut.

Indekos 2X1 Meter di Indonesia, Rumah Kandang Ramai di Hongkong

Konten.co.id – Baru-baru ini viral kos-kosan berukuran 2X1 M di Jakarta yang dinilai tidak manusiawi. Namun ternyata fenomena ini juga terjadi di Hong Kong.

Disana justru ramai “Rumah Kandang”. Rumah kandang ini rata-rata berukuran 2×1 meter. Untuk kamar mandi disediakan WC umum yang bisa dipakai bersama penghuni lain. Biawa sewa ‘rumah kandang’ ini sekitar 1.300 dolar Hong Kong per bulan atau sekitar Rp 2,4 juta.

Tidak ada dapur di lantai ‘rumah kandang’ ini. Hanya ada wastafel dan kamar mandi saja. Rumah kandang di Hong Kong ini biasanya disewa oleh warga miskin. Pasalnya, biasa sewa properti di Hong Kong sudah naik gila-gilaan dalam 10 tahun terakhir.

Pemerintah Hong Kong memprediksi ‘rumah kandang’ ini pertama kali muncul pada 1950 saat pendatang dari China lagi banyak-banyaknya. Pasokan rumah tinggal yang layak menjadi masalah besar bagi Hong Kong di tengah pertumbuhan ekonominya yang pesat.

Satu lantai apartemen seluas 37 meter persegi bisa memuat 20 ‘rumah kandang’ yang diposisikan bertumpuk. Para penghuni ‘rumah kandang’ ini hanya bisa selonjoran atau duduk bersila di dalam kotak tersebut, sama sekali tidak bisa berdiri. Pemerintah Hong Kong memperkirakan ada 100 ribu warganya yang hidup di hunian tidak nyaman seperti ‘rumah kandang’ ini. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *