Tips Mengatur Pembayaran Digital

Tips Mengatur Pembayaran Digital

Kini teknologi digital sedang berkembang dan perlu cara untuk mengatur pembayarannya

Pekerjaan dengan Pembayaran Digital, Ini Cara Mengaturnya

Konten.co.id – Pasar keuangan global berada dalam keadaan transformasi besar-besaran. Platform digital, teknologi blockchain, kecerdasan buatan, dan pembelajaran mesin menciptakan cara baru agar modal dapat bergerak di seluruh dunia.

Saluran-saluran baru ini didorong oleh pembayaran digital, yang tumbuh hingga lebih dari $ 721,4 miliar pada 2017. Transfer uang dan pengiriman lintas batas sendiri bertambah hingga 69 persen.

Meskipun transformasi ini lebih merupakan evolusi daripada revolusi, transformasi ini secara sistematis akan mengubah pengalaman perbankan untuk semua orang. Perusahaan, dan regulator juga, harus beradaptasi dengan realitas baru pasar pembayaran digital di seluruh dunia.

Hal ini termasuk melayani basis konsumen yang benar-benar global dan mengedukasi konsumen tentang keamanan pembayaran digital.

Sebagai CEO dari ePlata perusahaan pemula fintech, Jeff Cooper mempunyai beberapa tips untuk menjaga keuangan global dengan pembayaran digital.

1. Merangkul peluang global

Pada tahun 2020, seluruh dunia akan terhubung ke internet, namun banyak perusahaan masih belum beralih ke model bisnis baru yang merangkul konsumen yang kurang terlayani.

Proliferasi smartphone memberikan konsumen yang sebelumnya terpinggirkan akses ke ekonomi digital, yang akan menciptakan peluang konsumsi $ 30 triliun pada tahun 2025 dan supercharge pasar untuk tumbuh 75 persen lebih cepat daripada pasar maju.

Dari usaha di Amerika Latin, ia mengaku belajar bahwa produk pembayaran digital harus tersedia untuk setiap demografis, terutama yang tidak memiliki rekening bank.

Ini mengilhami pihaknya untuk mengubah model fintech. Yaitu dengan misi melayani yang secara finansial daripada berfokus pada basis pengguna yang sudah terlayani dengan baik.

Mendesain secara proaktif di sekitar kebutuhan yang tidak terlayani secara alami menuntut kami membangun solusi inovatif untuk audiens global.

Dari sudut pandang keuangan, berkembang di sekitar kebutuhan pasar global menempatkan posisi yang lebih baik dari perusahaan fintech untuk menangkap koridor pengiriman uang yang kuat dan menginformasikan keputusan seputar layanan dan kemampuan yang diperlukan.

Pihaknya membangun kapabilitas layanan penuh untuk jutaan konsumen yang berpartisipasi dalam transfer yang bergabung dengan pasar pembayaran peer-to-peer setiap kuartal dan pada akhirnya membantu mencapai produk yang lebih baik untuk semua orang. Yang sama-sama menerima pembayaran tanpa rekening bank maupun tidak.

Pendekatan pembangunan dengan pola pikir global. Filosofi ini memaksa penyelesaian masalah di sekitar tantangan baru, yang benar-benar unik, sesuai dengan penemuan model akuisisi pelanggan baru.

Konsep awal dirancang untuk utilitas pengguna akhir, tetapi pihaknya dengan cepat mengakui relevansi dan manfaat penting bagi pengusaha sebagai solusi penggajian, memperluas ruang lingkup kami untuk mencakup saluran B2B dan B2C.

2. Perlakukan kepatuhan sebagai investasi, bukan biaya

Jika memasuki ruang ini, bersiaplah untuk berinvestasi dalam lisensi dan kepatuhan peraturan. Perizinan bisa jadi menantang, bahkan membuat frustrasi, karena proses ini menghabiskan waktu, sumber daya, dan uang.

Namun, untuk mengoperasikannya, diperlukan untuk mendapatkan kepercayaan dari masing-masing negara bagian atau badan pengawas negara. Untuk hasil terbaik, berinvestasi dalam tim kepatuhan penuh waktu yang didedikasikan untuk menerapkan, melaporkan, dan membina hubungan dengan berbagai badan pengatur.

Dorong semangat kolaborasi antara tim in-house dan regulator untuk menciptakan niat baik dan efisiensi yang pasti akan terbukti sangat berharga dan memberikan pengembalian yang lebih baik. Jadi, lihat lisensi Anda sebagai aset yang sangat berharga, bukan sebagai pusat biaya.

3. Kendalikan nasib Anda, miliki teknologi

Jangan biarkan produk dan layanan Anda ditanggung oleh orang lain. Investasikan banyak dalam memiliki teknologi Anda sendiri, lebih disukai platform yang fleksibel dan gesit.

Dengan demikian, produk atau layanan pihak ketiga dapat diintegrasikan dan pelaporan khusus yang dapat disesuaikan untuk regulator dapat dihasilkan. Bangun platform Anda untuk memenuhi kebutuhan pengguna global, bahkan jika Anda tidak siap melakukannya sendiri.

Bangun untuk berputar cepat. Perusahaan lain yang telah membuat solusi perangkat lunak di luar kemungkinan akan berada di tangan pemasok teknologi mereka ketika peluang baru di pasar muncul.

Ia mengaku baru saja menyaksikan ledakan pembayaran seluler sebesar 45,2 persen tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) hingga 2017, dan proyeksi pengiriman uang digital global memperkirakan pertumbuhan CAGR 25 persen hingga tahun 2024.

Pasar-pasar ini hanya akan terus meningkat, dan perusahaan mana pun yang tidak siap untuk mengambil keuntungan dari migrasi ini akan menjadi usang.

Dengan lanskap peraturan yang berkembang pesat dan semakin banyaknya peserta digital di seluruh dunia, pihaknya meramalkan pasar yang besar jika perusahaan mengenali peluang global, berinvestasi dalam kepatuhan dan membangun platform berpemilik. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *