Tips Mengatasi Mata Lelah Saat Menggunakan Komputer

Tips Mengatasi Mata Lelah Saat Menggunakan Komputer

Kerja menggunakan komputer sering membuat mata lelah.

Mata Lelah Saat Menggunakan Komputer, Ini Cara Mengatasinya

Konten.co.id – Begitu banyak dari kita menggunakan komputer di tempat kerja, ketegangan mata akibat bekerja dengan komputer telah menjadi keluhan yang sering muncul. Studi menunjukkan 50 sampai 90% pegawai kantoran yang biasa bekerja didepan monitor mengalami ketegangan mata dan gejala penglihatan yang mengganggu lainnya.

Efek dari kelelahan mata ini dapat mengakibatkan, kepala pusing, penurunan produktivitas serta peningkatan jumlah kesalahan kerja, belum lagi gangguan kecil seperti mata sering berkedut, merah dan kering.

Dilansir dari halodokter.com, berikut beberapa langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko ketegangan mata akibat pemakaian komputer dan gejala umum lainnya yang biasa di sebut Computer Vision Syndrome (CVS):

1. Gunakan Pencahayaan yang Tepat

Ketegangan mata sering disebabkan oleh cahaya terang berlebihan baik dari sinar matahari di luar ruangan yang masuk melalui jendela atau dari pencahayaan dalam ruangan yang terlalu kuat.

Bila Anda menggunakan komputer, pencahayaan Anda harus sekitar setengah terangnya dari yang biasanya ditemukan di sebagian besar kantor. Jika memungkinkan, posisikan monitor komputer sehingga jendela berada di samping, bukan di depan atau di belakangnya.

2. Upgrade Monitor Anda

Layar LCD lebih baik bagi mata dan biasanya memiliki permukaan anti-reflektif. Layar monitor tabung ( CRT) kuno dapat menyebabkan “flicker” gambar, yang merupakan penyebab utama ketegangan mata komputer. Bahkan jika flicker ini tak terlihat, masih bisa menyebabkan untuk ketegangan mata dan kelelahan selama kerja komputer.

Flicker tidak terdapat di layar LCD, karena kecerahan piksel pada layar dikendalikan oleh cahaya belakang dari layar LCD tersebut. Cobalah memilih layar yang relatif besar agar lebih nyaman dipakai. Untuk komputer desktop, pilih tampilan yang memiliki ukuran diagonal layar minimal 19 inchi

3. Sesuaikan Pengaturan Tampilan Komputer Anda.

Menyesuaikan pengaturan tampilan komputer Anda dapat membantu mengurangi ketegangan mata dan kelelahan. Umumnya, pengaturan berikut dapat mengurangi kelelahan pada mata:

Kecerahan. Menyesuaikan kecerahan layar sehingga kurang lebih sama seperti kecerahan ruang kerja sekitar Anda. Sebagai test, coba melihat latar belakang putih dari halaman Web ini. Jika terlihat seperti sumber cahaya, itu terlalu terang. Jika tampak kusam dan abu-abu, mungkin terlalu gelap.

Ukuran teks dan kontras. Sesuaikan ukuran teks dan kontras untuk kenyamanan, terutama ketika membaca atau menulis dokumen panjang. Biasanya, cetak hitam pada latar belakang putih adalah kombinasi terbaik untuk kenyamanan.

Temperatur warna. Ini adalah istilah teknis yang digunakan untuk menggambarkan spektrum cahaya tampak yang dipancarkan oleh layar warna. Warna biru muda mempunyai panjang gelombang yang lebih pendek yang dapat menyebakan ketegangan dan kelelahan mata di bandingkan dari warna yang panjang gelombangnya yang lebih panjang, seperti oranye dan merah.

Mengurangi suhu warna tampilan Anda dengan menurunkan jumlah cahaya biru yang dipancarkan oleh layar warna untuk jangka panjang akan membuat kenyamanan melihat yang lebih baik.

4. Berkedip Lebih Sering

Menurut studi, ketika bekerja di depan komputer, orang akan kurang berkedip. Padahal berkedip sangat penting ketika bekerja di depan komputer; berkedip membasahi mata Anda untuk mencegah kekeringan pada mata dan iritasi. Air mata akan menguap lebih cepat selama kita tidak berkedip dan ini dapat menyebabkan mata kering.

Untuk mengurangi risiko mata kering selama penggunaan komputer, cobalah latihan ini: Setiap 20 menit, berkedip 10 kali dengan menutup mata Anda seakan tertidur (lakukan dengan sangat lambat). Ini akan membantu melembabkan mata Anda.

5. Olahraga Mata

Penyebab lain dari ketegangan mata adalah terlalu lama melihat focus pada satu titik. Untuk mengurangi risiko ini, Anda dapat mencoba trik 20-20-20. Caranya, saat Anda terfokus di depan komputer, jauhkan pandangan setiap 20 menit sekali dan tatap sebuah objek yang jauh (setidaknya 20 kaki = 6 meter ) minimal selama 20 detik. Melihat jauh dapat melemaskan otot fokus dalam mata untuk mengurangi kelelahan.

Atau lalukan cara lain seperti melihat obyek jauh selama 10-15 detik, kemudian alihkan pandangan ke objek yang dekat selama 10-15 detik, lalu kembali lagi melihat pada objek yang jauh. Lakukan latihan ini sampai 10 kali. Kedua latihan ini akan mengurangi risiko ketegangan mata pada komputer.

6. Pertimbangkan Kacamata Khusus Komputer (Office Lens).

Untuk kenyamanan terbesar di komputer Anda, Anda bisa meminta bantuan refraksionist optisien di optic langganan Anda untuk membutkan resep kacamata khusus untuk pemakaian computer. Hal ini terutama berlaku jika Anda biasanya memakai lensa kontak, yang dapat menjadi kering dan tidak nyaman selama bekerja dengan computer dalam jangka waktu yang lama. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *