Tagar #PinokioIngkarJanji Jadi Trending di Twitter

Tagar #PinokioIngkarJanji Jadi Trending di Twitter

Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya janji yang tidak ditepati sehingga muncul taar #PinokioIngkarJanji

Sindiran Netizen Pada Presiden Dengan Melambungkan Tagar #PinokioIngkarJanji

Konten.co.id – Hari ini tagar #PinokioIngkarJanji jadi trending di jagat twitter. Ribuan orang telah mentweet dengan tagar tersebut.

Tagar ini pertama kali dicuitkan oleh akun @_Becaknya_wiwis. “Bismillah. Tagar oposisi mulai jam 06:00 WIB #PinokioIngkarJanji Janji berantas korupsi, janji ini, janji itu, janji janji dan janji… Tetap jaga narasi. 1 twit 1 tagar. Tweet, Reply, Retweet dan Like jangan lupa. Ayo dukung!”

Lalu diikuti oleh netizen yang lain. Seperti @firdaalbana. “Korban Janji Masih 5 taon jaenudin #PinokioIngkarJanji”

“Lanjutkan Kawan… Karena kenyataannya ini memang Kejahatan Lingkungan, Hutan Kita sengaja Dibakar, BUKAN Terbakar… Dan Kerugian yg ditimbulkan sudah TAK TERNILAI… #PinokioIngkarJanji #PinokioIngkarJanji” cuit @Bang_Has1075.

Diketahui tagar ini mulai trending karena Presiden bohong dengan berbagai janjinya. Diketahui majalah Tempo sebelumnya juga membuat cover atau sampul dengan gambar presiden Jokowi yang berlatar belakang bayangannya dengan hidung panjang layaknya Pinokio.

Pinokio sendiri dikisahkan hidungnya akan panjang jika berbohong. Hal inilah yang diibaratkan Jokowi yang tidak menepati janjinya.

Salah satu yang dilakukan dijanjikan Jokowi adalah semakin kuat dalam pemberantasan korupsi Tapi Jokowi melakukan pelemahan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan rencana revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK.

Ia menolak dan menyetujui beberapa poin dalam draf revisi UU KPK yang disusun Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Jokowi menolak penyadapan harus izin pihak luar, cukup izin ke dewan pengawas; penyelidik dan penyidik hanya dari polisi dan jaksa; penuntutan perkara koordinasi dengan Kejaksaan Agung; serta pengelolaan Laporan Hasil Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di luar KPK.

Sementara beberapa poin yang ia dukung adalah pembentukan dewan pengawas, penerbitan SP3, izin penyadapan ke dewan pengawas, dan status pegawai KPK menjadi ASN.

Jokowi mengatakan perlu revisi terbatas UU KPK agar pemberantasan korupsi semakin efektif. Ia ingin lembaga antirasuah tetap lebih ‘kuat’ dari lembaga lain dalam mengusut korupsi. Mantan wali kota Solo itu menekankan bahwa KPK harus memegang peran sentral dalam pemberantasan korupsi.

Hal ini dinilai netizen tidak sesuai dengan janjinya yang ingin mengutamakan pemberantasan korupsi di Indonesia. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *