fbpx

Tagar #ChanganJiplakEsemka Diviralkan Netizen Terkait Rilisnya Mobil Esemka

Tagar #ChanganJiplakEsemka Diviralkan Netizen Terkait Rilisnya Mobil Esemka

Netizen menilai Changan meniru mobil Esemka Bima.

Produksi Mobil Mirip Esemka, Tagar #ChanganJiplakEsemka Jadi Trending

Konten.co.id – Peresmian pabrik mobil Esemka oleh Presiden Jokowi, Jumat (6/9/2019), menjadi topik bahasan yang cukup populer di media sosial.

Dari sejumlah pembahasan, salah satu isu yang buat netizen penasaran, adalah desain mobil Esemka Bima yang sangat mirip dengan mobil buatan China, Changan.

Bahkan, isu berhembus lebih tajam, mobil Esemka sebenarnya hanyalah rebadge mobil China, alias tempel merk saja dari mobil buatan China tersebut. Tapi banyak netizen menilai justru Changan yang menjiplak Esemka Bima.

Oleh karena itu kini tagar #ChanganJiplakEsemka jadi trending di twitter. Ribuan orang mentweet dengan tagar tersebut.

“Dramatis sekaligus tragis nasib esemka sang legendaris. Baru sehari dirilis udah dijiplak Changan tanpa rasa miris. Gimana hati ngga teriris-iris? Junjungan optimis mobil bakal laris. Gw sih pesimis, yakin tu mobil ga bakal digubris. #ChanganJiplakEsemka” cuit @bandabening

Hal senada dicuitkan oleh @abetday02_day. “Heey.! Changan suka boong. Nanti idung panjang kaya bodong. Seperti cerita dulu, Boneka Kayu yang suka boong. Entah kalau zaman sekarang, akan kah dirilis ulang. Nyambil nunggu info lanjutan silahkan up up an.. changan lupa naikan #ChanganJiplakEsemka #ChanganJiplakEsemka” cuitnya.

Didalam cuitannya terdapat cuitan dari akun @Datuk_Tamburin yang memberitahu kalau Changan sudah diiklankan di Ekuador.

Diketahui mobil Esemka Bima memang diakui mirip dengan Changan. Jika menilik dapur pacu, mobil Esemka Bima 1.2 dan mobil produksi Changan Star Truck memiliki spesifikasi mesin yang sama. Di mana Pikap Star Truck memakai mesin 1.2L E-power l4 DOHC, yang juga disematkan pada Esemka Bima 1.2 liter.

Perbedaannya, dari sisi dimensi, Esemka Bima lebih pendek dari Star Truck yang memiliki panjang 4.660 mm sementara Esemka Bima, 4.560 mm. Untuk lebar, Esemka Bima 1.645mm sementara Star Truck lebihi ramping dengan 1.620 mm. Sedangkan untuk total tinggi mobil, kedua pikap inimemiliki ukuran yang sama yakni 1.890 mm. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *