Ribuan Ekor Ikan Mati Mendadak di Ambon Pertanda Tsunami Hoaks

Ribuan Ekor Ikan Mati Mendadak di Ambon Pertanda Tsunami Hoaks

BMKG Maluku mengatakan jika Tsunami tidak ditunjukkan dengan ikan yang mati.

BMKG Maluku Pastikan Ribuan Ekor Ikan Mati Bukan Pertanda Tsunami

Konten.co.id – Ribuan ekor ikan mati mendadak di Ambon beberapa hari ini diduga sebagai pertanda akan tsunami.

Kepala seksi Data dan Informasi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Maluku, Andy Azhar Rusdin mengatakan fenomena ini tidak ada kaitannya dengan akan adanya tsunami.

Sebab jika tsunami akan terlihat tandamya dan ada faktor pemicunya, misalnya goncangan karena gempa bumi, atau ada letusan gunung api, longsoran atau akibat metor dari langit jatuh ke laut.

“Tanda-tanda itu sama sekai tidak ada, makanya tidak bisa kita kaitkan matinya ikan-ikan ini dengan tsumani,’’ jelas Andy, Senin (16/9/2019).

Dia menyebut pula, saat ini kondisi Maluku masih normal seperti hari-hari biasanya. Bahkan BMKG tidak memproteksi adanya gempa yang terjadi pada waktu ikan mati tersebut.

‘’Masyarakat tidak perlu takut dan kondisi Maluku masih dalam kondisi normal seperti biasanya,’’ tegasnya.

Soal adanya bunyi yang didengar masyarakat sesaat sebelum matinya ikan-ikan tersebut, dirinya tidak bisa memprediksinya, sebab pemantauan BMKG saat itu, tidak ada gempa terjadi disana.

‘’Kalau soal bunyi itu khan penyebabnya banyak, misalnya bom ikan atau lainnya, tapi tak ada gempa saat itu,’’ terangnya. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *