PON Pertama Jadi Awal Lahirnya Haornas

PON Pertama Jadi Awal Lahirnya Haornas

Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama di Kota Solo jadi awal lahirnya Haornas.

Kisah Hari Olahraga Nasional dan PON Pertama

Konten.co.id – Setiap tanggal 9 September, masyarakat Indonesia memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas). Tapi tahukah anda bagaimana Haornas bisa dicetuskan?

Haornas mulanya dicetuskan seiring dengan diselenggarakannya Pekan Olahraga Nasional (PON) I pada 9–12 September 1948 di Kota Solo Mengutip dari berbagai sumber, PON I sebenarnya digelar sebagai bentuk “tandingan” kompetisi dunia Olimpiade XIV/1948 di Kota London, Inggris, karena kontingen Indonesia tidak bisa mengikutinya akibat tak memenuhi persyaratan.

Selain itu, PON I menjadi ajang untuk menunjukkan kepada publik internasional bahwa bangsa Indonesia bisa berjaya di gelaran olahraga meski keadaan politiknya dipersempit akibat Perjanjian Renville.

Selanjutnya, Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) memutuskan memilih Solo menjadi kota penyelenggara PON I. Di luar berstatus markas PORI, Kota Surakarta saat itu sudah memiliki fasilitas lengkap untuk ajang olahraga.

Berdasarkan latar belakang tersebutlah PORI menegaskan PON I diadakan di Kota Solo. Ditetapkan pada 9–12 September 1948. yang diikuti sekira 600 atlet dari 9 cabang olahraga dan memperebutkan 108 medali.

Tanggal 9 September yang menjadi pembukaan ajang atlet-atlet asli daerah inilah yang ditetapkan sebagai Hari Olahraga Nasional. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *