Pemprov Bengkulu Gelar Festival Tabut

Pemprov Bengkulu Gelar Festival Tabut

Festival Tabut diadakan untuk mengenang nabi Muhammad SAW.

Kenalkan Budaya Islami, Pemprov Bengkulu Gelar Festival Tabut

Konten.co.id – Budaya di Bengkulu sangat luar biasa. Untuk memperkenalkannya Pemprov Bengkulu adakan Festival Tabut 2019, dari tanggal 31 Agustus hingga 10 September 2019 di Lapangan Merdeka, Kota Bengkulu.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyatakan, Festival Tabut lebih dari tampilan budaya.

“Tapi lebih dari itu. Tabut juga digelar untuk merayakan tahun baru Islam. Juga menjadi tempat bertemunya semua pihak. Keterpaduan ini yang menjadi makna. Budaya kita angkat, dan dengan sendirinya ekonomi akan berkembang,” ujar Rohidin dalam keterangan yang diperoleh, Selasa (3/9/2019).

Festival Tabut memiliki banyak acara dan masing-masing mempunyai makna tersendiri. Contohnya seperti pengambilan tanah yang memiliki makna manusia berasal dari tanah dan akan kembali ke tanah.

Kemudian ada Menjara yang merupakan duplikasi perjalanan cucu Nabi Muhammad SAW bernama Hussein menuju Karbala dan disertakan juga replika perangnya.

Ada juga ritual Arak Jari-jari dan Sorban yang jadi simbol apabila sorban milik Hussein sudah ditemukan dan berhasil direbut kembali. Tidak hanya itu, masih banyak ritual-ritual yang akan dilakukan setelahnya. Selain itu ada banyak perlombaan untuk memeriahkan festival tahunan ini.

Agak berbeda dengan acara sebelumnya, Festival Tabut di tahun ini akan diwarnai Tabut Fest Coffee Corner yang akan menonjolkan suasana festival yang sebenarnya.

Selain itu, Tabut Fest Coffee Corner juga berfungsi untuk memecah konsentrasi pengunjung supaya tidak berkumpul di panggung utama. Lalu, sebagai bentuk untuk mempopulerkan produk unggulan kopi asal Bengkulu. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *