Mulan Jameela Jadi Anggota Dewan, Ervin Luthfi Resmi Gugat KPU ke PTUN

Mulan Jameela Jadi Anggota Dewan, Ervin Luthfi Resmi Gugat KPU ke PTUN

Mulan Jameela menggantikan Ervin Luthfi jadi anggota dewan dinilai merusak demokrasi bangsa

Mulan Jameela Gantikan Ervin Luthfi Jadi Anggota Dewan, KPU Dinilai Melanggar Hukum

Konten.co.id – Mulan Jameela yang menggantikan Ervin Luthfi di kursi anggota DPR RI dinilai merusak tatanan demokrasi.

Juru bicara Ervin Luthfi, Dedi Kurniawan pun telah mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta. “Hari ini kami masukan gugatan ke PTUN Jakarta. Kami menggugat KPU yang telah mengubah keputusan hanya berdasarkan surat dari partai,” ujar Dedi, Senin (23/9/2019).

Ia mengaku jika putusan DPP Partai Gerindra dibiarkan akan menjadi preseden buruk dalam demokrasi dan politik. “Tidak ada alasan apa-apa pemecatannya. Saya tanua ketua dewan kehormatan Gerindra, beliau juga tidak tahu soal pemecatan Ervin,” kata Dedi.

Diketahui dalam aturan partai, pemberhentian kader harus melewati dewan kehormatan partai. Sementara Ervin dipecat secara sepihak.

Dedi menyoroti langkah yang diambil KPU RI dengan mengganti Ervin karena adanya surat dari partai. Ia menilai, keputusan dari KPU RI itu melanggar hukum.

“Enggak bisa KPU diintervensi hanya dengan surat dari partai. Padahal Ervin sudah sah menjadi anggota dewan,” katanya.

Dalam keputusan KPU RI, Ervin telah sah menjadi anggota DPR dari Dapil Jabar XI. Namun Partai Gerindra mengirim surat ke KPU untuk meminta pergantian Ervin ke Mulan Jameela.

Jika KPU mengabulkan permohonan Gerindra, maka partai politik lain bisa mengikuti langkah serupa. Semua keputusan yang telah dibuat KPU bisa digagalkan hanya dengan surat dari partai.

“Penetapan dari KPU itu berdasarkan undang-undang. Tidak boleh bertentangan dengan undang-undang. Keputusan penggantian itu sudah batal demi hukum,” katanya.

“Jadi buat apa KPU buat aturan kalau bisa diganti. Buat apa ada pemilihan kalau ujungnya partai yang menentukan si calon yang akan masuk,” ucapnya. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *