Menperin Sebut Ada Kerja Sama Esemka dengan Pabrik Cina

Menperin Sebut Ada Kerja Sama Esemka dengan Pabrik Cina

Esemka kerja sama dengan Changan sehingga mobilnya mirip dengan Bima.

Esemka Mirip Changan, Menperin Sebut Ada Kerja Sama dengan Pabrik Cina

Konten.co.id – Esemka Bima yang baru dirilis diklaim mirip dengan mobil asal China, Changan Star Truck. Hal ini pun menimbulkan konflik.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto menanggapi hal ini. Ia menilai kemiripan itu merupakan hal wajar karena dua pabrik tersebut memang memiliki kerja sama. Tak hanya pada Esemka, mobil buatan Vietnam, VinFast juga memiliki platform serupa dengan BMW.

“Ya pasti, antara pabrikan itu punya kerja sama seperti dulu Proton pernah kerja sama dengan Suzuki Indonesia, sehingga impor completely knock down (CKD) dari Indonesia,” katanya.

“Ini bukan soal jiplak-jiplakan tapi multi sources (banyak sumber) dan banyak platform. Dan mereka punya kerja sama,” imbuhnya.

Untuk diketahui, beberapa desain eksterior antara produk Esemka dengan produk China, Changan Star Truck dianggap serupa. Bahkan, spesifikasi teknis juga menunjukkan kemiripan.

Kemiripan antara lain terjadi pada mesin, Bima 1.2 yang memiliki jantung pacu E-Power I4 berkubikasi 1.243 cc DOHC dengan daya maksimum 72 kW atau 96,5 hp dan torsinya 119 nm. Mengutip situs resmi Changan Global, Star Truck juga dibekali mesin E-Power I4 1.243 cc DOHC, tenaga 72 kW atau 96,5 hp dan torsinya 119 nm.

Kemiripan ini bukan pertama kali terjadi pada Esemka. Pada awal 2018 mobil berlogo Esemka dengan nama Garuda 1 sempat bikin geger setelah foto penampakannya tersebar di dunia maya. Mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) itu berwarna putih.

Penampakan Garuda 1 dinilai punya kemiripan dengan SUV asal China, Foday Landfort. Kedua produk ini memiliki banyak kesamaan di bagian eksterior. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *