Keutamaan dan Bacaan Niat Puasa Asyura

Keutamaan dan Bacaan Niat Puasa Asyura

Keutamaan puasa Asyura bisa menghapus dosa setahun.

Besok Puasa Asyura, Ini Keutamaan dan Bacaan Niatnya

Konten.co.id – Umat islam disunahkan untuk melakukan puasa Asyura di bulan Muharam. Puasa yang memiliki banyak keutamaan ini diawali dengan niat lalu menahan diri dari yang membatalkan puasa hingga waktu berbuka tiba saat Magrib.

Puasa Asyura merupakan puasa sunah yang dilakukan pada hari Asyura yakni tanggal 10 Muharam atau bertepatan dengan Selasa, (10/9/2019).

Dalam hadis sahih riwayat Muslim nomor 1905 dijelaskan hari Asyura adalah hari yang dijadikan Nabi Muhammad SAW untuk berpuasa sebelum diwajibkan puasa Ramadan.

Dalam hadis riwayat Muslim lainnya dijelaskan pula pada zaman jahiliah, orang-orang Quraisy melakukan puasa pada hari Asyura dan Nabi Muhammad SAW juga melakukannya.

“Ketika beliau melakukan hijrah ke Madinah beliau berpuasa dan beliau memerintahkan berpuasa. Maka tatkala puasa Ramadhan diwajibkan, beliau bersabda: ‘Siapa yang suka puasa di hari Asyura, silahkan ia berpuasa, dan siapa yag tidak suka boleh meninggalkannya,” petikan hadis riwayat Muslim Nomor 1897, dikutip dari Ensiklopedi Hadist.

Puasa di bulan Muharam memiliki banyak keutamaan, puasa di bulan pertama tahun Hijriah ini disebut sebagai puasa yang utama setelah puasa Ramadan.

“Seutama-utama salat setelah salat wajib adalah salat pada sepertiga akhir malam, dan seutama-utama puasa setelah puasa Ramadan adalah puasa di bulan Muharam,” petikan Hadis Riwayat Muslim 1983.

Puasa Asyura juga disebut sebagai doa atau pengharapan agar dapat menghapus dosa setahun yang lalu. “Adapun puasa Asyura, aku memohon kepada Allah agar puasa tersebut bisa menghapus dosa setahun sebelumnya,” kata Rasulullah dalam HR Muslim Nomor 1976.

Bacaan niat puasa Asyura

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ ِعَا شُورَاء لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnati ‘Asyura lillahi ta’ala.
Aku berniat puasa sunah Asyura karena Allah SWT.

Lalu anda bisa puasa seperti biasa. Yaitu sejak terbit matahari sampai tenggelamnya matahari. Untuk bacaan niatnya pun bisa dibaca saat siang hari jika anda baru ingat untuk berpuasa Asyura. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *