Kericuhan Indonesia vs Malaysia Jadi Headline Media Malaysia

Kericuhan Indonesia vs Malaysia Jadi Headline Media Malaysia

Kericuhan Indonesia vs Malaysia menjadi perhatian media Malaysia.

Media Malaysia Soroti Kericuhan Indonesia vs Malaysia

Konten.co.id – Kericuhan mewarnai laga Indonesia vs Malaysia, di stadion Gelora Bung Karno, Kamis (5/9/2019). Pada awalnya laga ini damai. Sempat unggul, Indonesia akhirnya harus kalah 2-3 dari Malaysia.

Laga tersebut sempat dihentikan sejenak karena ada suporter yang turun ke lintasan atletik. Beberapa suporter Indonesia bahkan ada yang meninggalkan tribun untuk mendekati area suporter Malaysia.

Sebelum hal itu terjadi, sebelumnya suporter menyanyikan chant bernada rasis, bahkan lemparan botol juga diterima suporter Malaysia dari tribun atas yang berada di sektor 23.

Kericuhan yang berlanjut hingga usai laga sempat membuat suporter dan Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Syed Saddiq Syed Abdul Rahman, tertahan di dalam SUGBK. Mereka baru bisa pulang lewat tengah malam.

Kabar tersebut akhirnya mewarnai pemberitaan media-media Malaysia. New Straits Times, misalnya, memberi judul ‘Harimau Malaya roar in Jakarta, sink Indonesia in their forstress’ (Harimau Malaya mengaum di Jakarta, benamkan Indonesia di bentengnya).

Namun soal kericuhan juga jadi pemberitaan. Media-media Malaysia menyoroti sikap agresif suporter Indonesia.

MalayMail menuliskan judul ‘Indonesian fans turn aggressive following Malaysia’s win’ (Fans Indonesia jadi agresif menyusul kemenangan Malaysia). Dalam beritanya, MalayMail menyebut “suporter Malaysia ditempatkan dalam situasi menegangkan dan panas setelah diserang suporter Indonesia”.

Sementara Harian Metro memberitakan “sambutan agak luar biasa” suporter Indonesia sejak sebelum pertandingan. Di salah satu beritanya, mereka menuliskan judul ‘Penyokong Malaysia disambut hujan batu’.

‘Macam berperang’ jadi judul salah satu berita lain dari Harian Metro, mengutip pernyataan seorang suporter Malaysia. Suporter tersebut menggambarkan bagaimana suporter Indonesia menyerang pendukung Malaysia dengan melempar batu dan menyanyikan chant dengan kata-kata tak pantas saat mereka tiba di SUGBK. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *