Kenali Tiga Set Menu khas Garut

Kenali Tiga Set Menu khas Garut

Kabupaten Garut punya tiga set menu yang bisa jadi pilihan makan siang anda.

Yuk, Kenali Tiga Set Menu Khas Garut untuk Makan Siang

Konten.co.id – Food lovers tahu gak sih kalau Kabupaten Garut punya tiga set menu khas yang bisa anda jadikan pilihan menu makan anda?

Kalau belum tahu, nih Konten.co.id kasih tahu set menu yang terdiri dari appetizer, main course dan dessert khas Kabupaten Garut yang bisa jadi pilihan makan siang anda semua :

1. Burayot

Burayot adalah panganan sederhana yang terbuat dari dua jenis yaitu tepung beras dan gula aren. Dinamakan burayot karena, ketika adonan tepung beras dan gulanya digoreng dan diangkat dengan batang bambu kecil sehingga kulit kuenya tertarik ke atas dengan tepung gula yang menggantung di bagian bawah kue.

Orang Sunda menyebutnya ‘ngaburayot’ atau menggantung. Rasanya yang manis dan agak renyah menjadikan burayot disukai banyak orang dan sangat nikmat jika disantap dengan ditemani teh tawar hangat. Pas untuk hidangan pembuka Anda sebelum menyantap makanan utama.

2. Nasi Liwet Domba Garut

Mungkin ada sebagian orang yang berpikiran bahwa liwet merupakan nama suatu produk, namun sesungguhnya adalah cara memasak. Proses memasak nasi liwet Sunda disebut ‘ngaliwet’.

Menu ini umumnya dimasak menggunakan ketel atau panci terbuat dari perunggu atau baja, nasi dan air dimasak dengan bumbu-bumbu sebut saja garam, bawang, daun salam, sereh, lengkuas, cabe, minyak kelapa namun tanpa santan. Tidak hanya nasinya yang dimasak, lauk pun ikut dimasak bersamaan dengan nasi. Sebut saja pindang ikan kembung, ikan peda merah, atau ikan asin. Semuanya dimasak bersamaan dengan nasi setengah matang di dalam ketel.

Akan tetapi untuk nasi liwet domba garut yang jadi main course atau makanan utama set menu khas Garut, daging domba yang digoreng maupun dibakar jadi menu tambahan. Untuk penyeimbang juga dimakan dengan sayur mentah alias lalapan.

3. Es Goyobod

Es tradisional asli Garut ini berasal dari bahasa Belanda “goyobod” yang artinya basah. Es goyobod yang memiliki citarasa unik. Dalam segelas es goyobod, penikmat kuliner bisa merasakan kenyalnya aci atau sagu, lembutnya potongan roti tawar, uniknya pacar cina sensasi asam-manis dari tape singkong, dan rautan buah kelapa yang gurih nan manis, menyatu dalam satu tegukan. Kuahnya sendiri terdiri dari santan dan susu manis.

Es goyobod cocok jadi penyegar tenggorokan anda setelah menyantap burayot dan nasi liwet domba garut. (*)

Penulis : Ade Indra

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *